Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan Talk Show Jurnalistik pada Jumat (12/12) di Ruang Sidang Utama Rektorat dengan tema Konvergensi Media di Era Digital. Bekerja sama dengan media SINDO (SINDO Goes To Campus), UNY mendatangkan pembicara diantaranya Djaka Susila selaku Wakil Pemimpin Redaksi Koran SINDO, Hanna Farhana selaku Redaktur Pelaksana Koran SINDO, Apreyvita Dyah Wulansari selaku Pemimpin Redaksi SINDO TV, dan dimoderatori oleh Dina Herlina selaku dosen Ilmu Komunikasi FIS UNY. Tujuan SINDO goes to Campus adalah mendekatkan media massa ke mahasiswa dikarenakan mahasiswa merupakan salah satu elemen penting yang ada pada tatanan masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca dan intelektual kepada masyarakat indonesia.

      Djaka Susila memaparkan situasi masyarakat Indonesia saat ini lebih suka menonton daripada membaca, kemudian kecenderungan penggunaan internet mayoritas masih digunakan untuk sosmed. Djaka Susila juga mengenalkan produk dari SINDO seperti koran, radio, media online, dan yang akan dirilis yaitu televisi. Saat mengenalkan produk dari SINDO, Djaka Susila menawarkan juga kepada mahasiswa yang aktif menulis untuk mengirimkan tulisannya kepada koran SINDO cabang Yogyakarta dikarenakan SINDO memberikan rubrik berjumlah empat kolom bagi mahasiswa dan dosen untuk hal religi maupun umum.

    Hanna Farhana menjelaskan untuk menjadi seorang wartawan atau jurnalis haruslah siap dalam situasi apapun. Melalui pengalamannya menjadi wartawan yang sudah melalang ke mancanegara untuk meliput Piala Eropa atau Dunia, Hanna juga menawarkan berbagai keistimewaan menjadi seorang wartawan.  Sementara itu, Apreyvita Dyah Wulansari hanya memaparkan lebih spesifik tentang konsumsi masayarakat Indonesia terhadap internet dengan disisipi sejarah berkembangnya media massa di dunia.

      Dari ketiga materi yang disampaikan terdapat sebuah irisan yang mencakup semua untuk menjadi solusi yaitu konvergensi media massa di era digitalisasi dengan maksud media massa yang didistribusikan melalui internet. Djaka sedikit menyoroti pemerintah yang kurang memperhatikan pembangunan infrastruktur jaringan internet yang kurang memadai sehingga menjadi kendala masyarakat bersama dalam mengonsumsi akses internet, dan juga untuk mendukung konvergensi media massa di Nusantara ini.

     “Bagus sekali kegiatan ini untuk mahasiswa, terutama Ilmu Komunikasi FIS UNY karena dapat menambah pengetahuan baru, mengingat Ilmu Komunikasi FIS UNY merupakan prodi yang baru dibuka tahun ini,” ujar Gian Noviandari selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY 2014. Dengan mengenalkan era digitalisasi untuk media massa melalui kegiatan SINDO goes to Campus diharapakan mahasiswa seluruh Indonesia dapat memanfaatkan dunia internet untuk meningkatkan budaya membaca dan intelektual mengingat Indonesia peringkat keempat dunia [Edwin Widianto]