Selasa(29/9), bertempat di KPLT lantai 3 Fakultas Teknik UNY telah dilaksanakan Kuliah Umum Tech in Asia dari Wisnu Manupraba selaku Co-Founder PT Javan Cipta Solusi mulai pukul 13.00-15.00 WIB. Acara ini dihadiri sekitar 130 peserta yang mayoritas dari Pendidikan Teknik Informatika.

            Adapun serangkaian acara ini yakni pemutaran video Tech in Asia Conference di Singapura dan Tokyo. Perkenalan Pembicara dan Tanya Jawab. Berbeda dengan kuliah umum yang lainnya, disini tidak disampaikan materi tapi langsung tanya jawab mengenai ngomik.com. ngomik.com sendiri merupakan salah satu penyedia platform bagi para komikus Indonesia untuk publikasi hasil karya mereka.

      Berawal dari permasalahan susahnya komikus mendapatkan penerbit. Muncul ide untuk membuat platform khusus untuk hasil karya para komikus. Hal ini adalah tantangan yang sangat berat dimana pecinta komik sudah dijejali dengan komik-komik dari Jepang, berbeda dengan komik asli Indonesia belum terlalu terkenal bahkan jarang yang tahu. Disisi lain penghasilan komikus dari karyanya hanya 10% dari pembuatan komik.

        Menurut Wisnu Manupraba, strategi yang baik untuk bersaing dengan komik dari Jepang ialah membuat platform yang bagus, kerjasama dengan komikus dan mensosialisasikan kepada pembaca serta memperhatikan media yang digunakan. Wisnu berharap bagi  komikus untuk membuat komik dengan karakter mencirikan Indonesia dan mencintai komik Indonesia. Diakhir acara, setiap yang bertanya diberi hadiah notebook, pena,  kaos dan foto bersama.

Penulis: Rizki Safitri