28/10/2015 – Memantik kesadaran mahasiswa Bidikmisi akan lulus tepat waktu di Universitas Negeri Yogyakarta(UNY), penerima bantuan beasiswa bidikmisi dilibatkan dalam Acara Monitoring Bidikmisi angkatan 2013-2014-2015. Ribuan mahasiwa memadati GOR UNY untuk mengikuti serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta. Namun acara yang direncanakan akan dimulai pukul 08.30 ternyata molor hingga satu jam.

        GOR dipadati mahasiswa yang telah selesai melakukan upacara peringatan Sumpah Pemuda di depan Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta. Terlihat setiap mahasiswa diberi kantong plastik hitam yang nantinya digunakan untuk mewadai sepatu yang mereka kenakan. Keadaan tersebut menjadikan suasana menjadi rapi dan tenang. Hal ini merupakan antisipasi dan metode efektif untuk menciptakan keadaan yang kondusif.

        Acara ini dibuka oleh sambutan dari Rektor UNY yakni Bapak Rochmat Wahab. Beliau berpesan supaya mahasiswa bidikmisi belajar dengan baik sehingga dapat lulus tepat waktu. Selain itu terdapat pesan dari Dirjen Belmawa bahwa  mahasiswa dituntut belajar lebih keras termasuk melakukan kegiatan ekstra dan ko-kulikuler. Tujuannya agar nantinya mahasiswa lulusan bidikmisi tidak unggul secara akademik saja, tetapi juga memahami dan ikut berkontribusi menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia.

Penulis : Rizki Safitri