Kamis (12/11), Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika kelas E angkatan 2014 melakukan kunjungan ke BMKG Stasiun Klimatologi Yogya dan BMKG Radar Cuaca Yogya di Jalan Kabupaten Km 5, Mlati, Sleman Yogyakarta. Muslikin selaku dosen pengampu mengajak mahasiswa untuk mengunjungi lapangan kerja BMKG untuk mengetahui langsung bagaimana sistem BMKG Stasiun Klimatologi Yogya untuk mata kuliah komunikasi data. “Tujuan kegiatan ini untuk mengimplementasikan Program Kreatifitas Mahasiswa secara nyata dan bermanfaat untuk masyarakat” ujar Arif Nugroho selaku mahasiswa pendidikan teknik Informatika.

       BMKG Stasiun Klimatologi Yogya merupakan salah satu cabang dari BMKG pusat yang berada di Sengon, Gamping Wates Yogyakarta. Kantor yang baru saja diresmikan wakil Gubernur Yogyakarta Paku Alam IX pada Rabu 21 Oktober ini, mempunyai beberapa fasilitas pendukung produk dan pelayanan data di bidang Meteorologi dan Klimatologi. Radar yang terpasang memiliki kemampuan radius pematauan mulai dari 150 hingga 200 kilo meter. Sistem pembaharuan informasinya berlangsung setiap 10 menit sekali. Keberadaan radar ini membuat pemantauan cuaca lebih intensif. Radar cuaca dihubungkan ke seluruh kabupaten di Yogyakarta. Koneksi radar dari stasiun terhubung dengan alat-alat tanpa awak yang terpasang di stasiun daerah.

       Peralatan yang digunakan di BMKG Stasiun Klimatologi Yogya yakni Panci Penguapan Otomatis yang terhubung dengan AWS (Automatic Weather System), Sensor suhu dan Air, Sensor Kecepatan Angin, Penakar Hujan Otomatis. Semua peralatan ini terintegrasi oleh sistem database yang terhubung dengan komputer server.

       Menurut Elisa Meidawati kegiatan ini sangat menarik, asik, menyenangkan dan bermanfaat. Erwin selaku teknisi berharap fasilitas radar dan stasiun klimatologi bisa memenuhi kebutuhan informasi warga terkait iklim dan perakitan cuaca. [Rizki Safitri]