Kamis (12/11), bertempat di ruang rapat lantai 2 KPLT, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik (DPM FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengunjungi DPM FT UNY. Kunjungan DPM UMS ini bertujuan untuk silaturahmi antar anggota legislatif, selain itu juga untuk menambah wawasan legislatif di UNY. Kunjungan kali ini DPM FT UMS membawa 13 dari 19 anggota.

       Caesar, ketua DPM FT UMS dalam paparan presentasinya menjelaskan bahwa DPM FT UMS memiliki 4 komisi, komisi 1 bidang Hubungan Mahasiswa, komisi 2 bidang kelembagaan, komisi 3 bidang legislasi, dan komisi 4 bidang Advokasi. Rahmat Maulana, ketua DPM FT UNY dalam presentasinya juga memaparkan DPM FT UNY memiliki 3 komisi. Komisi 1 bidang legislasi, komisi 2 bidang advokasi, dan komisi 3 bidang keuangan dan kontrol.

       Setelah pemaparan DPM masing-masing, acara dilanjutkan dengan diskusi, anggota DPM FT UNY ataupun UMS saling bertanya silih berganti, tak lupa masukan untuk masing-masing DPM juga diberikan untuk membangun DPM yang lebih baik. Diskusi seputar ranah kerja DPM, terutama bidang advokasi dimana di UMS, DPM dan BEM bekerjasama dalam advokasi, dan dengan cekatan menindak lanjuti dengan birokrasi, antusias mahasiswa dalam memberikan aspirasi juga sudah mulai tumbuh. Selain itu diskusi juga pada kaderisasi, dimana di UMS, anggota DPM merupakan perwakilan dari masing-masing himpunan mahasiswa jurusan (HMJ). “Dalam AD/ART KAMA sudah diatur bahwa anggota DPM berasal dari perwakilan HMJ masing-masing 2 orang, jika tidak mengirimkan ada punishment yakni pemotongan anggaran 5 persen, itu juga berlaku untuk pengiriman delegasi lainnya, dan semua KAMA sudah sepakat,” jelas Caesar.

       Sempat disinggung juga masalah pendanaan di UMS, jika di FT UNY ada pendanaan dari DIPA, RKPT, BOPTN, maka di UMS hanya ada dari dekanat, jumlahnya pun jauh lebih sedikit dibandingkan dengan FT UNY. “Saya salut dengan DPM FT UMS, dengan uang yang minim namun kerja kalian luar biasa, banyak pencapaian yang positif dalam menjalankan program kerja,” ungkap Julian, ketua komisi 3 DPM FT UNY.

       Nana, bendahara DPM UMS mengucapkan terima kasih banyak sudah disambut dengan mewah. “Terima kasih kita telah disambut semewah ini oleh DPM FT UNY, selama kami kunjungan ke DPM-DPM yang lain, belum pernah disambut seperti ini, dengan ruangan tersendiri dan sambutan yang hangat,” tambah Nana. Setelah berdiskusi selama kurang lebih 3 jam, kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. [Nanang]