Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa (Hima) Otomotif bersama Yamaha Pusat Cabang Yogyakarta kembali menggelar seminar dan test drive produk terbaru pada Rabu (25/11) di KPLT lantai 3 FT UNY. Bahasan yang diangkat untuk seminar kali ini berupa Blue Core dengan pemateri yang bernama Agus dari pihak Yamaha. Acara yang diikuti kurang lebih 200 peserta yang merupakan mahasiswa dari jurusan pendidikan teknik otomotif ini akan membahas bersama tentang tapak tilas proses Blue Core lahir serta penjelasan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan.

         Perlu diketahui Blue Core merupakan sebuah filosofi untuk efisiensi. Berbeda dengan Yamaha Fixture Jet Fuel Injection (YMJET-FI) yang notabene jelas teknologi. Latar belakang Blue Core diciptakan karena adanya keluhan-keluhan konsumen kepada pihak Yamaha bahwa untuk produk motor skuter retro dirasa konsumsi bahan bakar masih boros serta kurang bertenaga. Adanya keluhan-keluhan seperti itu membuat Yamaha memiliki semangat berinovasi untuk membuat motor bertenaga namun irit bahan bakar. “Kita sering menerima keluhan konsumen bahwa untuk matic masih boros dan kurang bertenaga, jadi Yamaha menciptakan Blue Core,” ujar Agus saat menerangkan.

         Proses inovasi Blue Core diawali dengan merekonstruksi mesin yang sudah ada untuk menganalisis kekurangannya. Mengetahui kekurangan pada mesin merupakan solusi yang tepat untuk berinovasi lebih lanjut. Berbagai teknologi diciptakan kembali dengan tujuan agar performa mesin lebih maksimal. Alhasil terciptalah mesin baru dengan menggunakan filosofi Blue Core yang efisien, handal, dan bertenaga. “Keseluruhan mesin diriset dan hasilnya untuk pengembangan sehingga tercipta Blue Core dengan teknologi terkini,” ungkap Agus dengan semangat.

         Konsep kendaraan ECO dan Fun diciptakan dalam filosofi Blue Core. Untuk ECO sendiri yakni efisien dan Fun terdiri dari handal dan bertenaga. Blue Core berani menawarkan ketiga hal tersebut karena teknologi terbaru mereka. Diawali dari efek tumble/pembakaran yang lebih sempurna dengan bukti lulus uji emisi EURO 3 serta adanya oil jet piston cooler, turbo fan, dan lebih rapatnya kisi-kisi silinder untuk mesin lebih bertenaga. Tak hanya itu, Blue Core didukung juga oleh teknologi motor balap yamaha terkait piston forged dan DiASil cylinder untuk lebih handal dalam berkendara dengan bukti jaminan mesin garansi 5 tahun karena 3 kali lebih kuat, awet, dan ringan. Filosofi Blue Core ini baru ada di ketiga produk kendaraan Yamaha terbaru yakni Mio M3, NMax, serta Mio Soul.

         Sementara itu, bagi peserta seminar teknologi Blue Core di FT UNY menerangkan bahwa sosialisasi seperti ini perlu dilakukan agar perkembangan teknologi terkini dapat disampaikan ke khalayak umum sebagai berbagi wawasan. “Perlu sekali untuk menambah wawasan teknologi terkini,” ujar Shodiq selaku peserta sambil memakan snack. Harapan dari Prasetyawan Mahardika selaku Ketua Hima Otomotif 2015 bahwa sosialisasi seperti ini harus lebih giat digencarkan kembali agar masyarakat tahu bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih sudah sejauh mana serta relasi kedua belah pihak lebih erat.

Penulis: Edwin Widianto