Himpunan Mahasiswa Teknik Boga dan Busana (HIMAGANA) kembali mengadakan acara rutinnya yaitu Gana festival atau kerap disebut GanaFest. Pada tahun keempat ini tema besar yang diusung ialah Semangat Generasi Muda Berbudaya dalam Melestarikan Alam Indonesia.

         Alasan pemilihan tema tersebut karena pada akhir-akhir ini banyak bencana alam yang melanda Indonesia, salah satunya ialah bencana asap di Riau selain itu semakin banyak orang khususnya anak muda yang tidak peduli dengan lingkungan. Mereka lebih mementingkan hidup glamour, hang out, dan popularitas di media sosial. “Kita di sini menekankan bahwa kita sebagai generasi muda harus peduli dengan lingkungan. Jika tidak kita siapa lagi?” Ujar Nur Aziz sebagai ketua pelaksana.

         Nur Aziz juga menjelaskan bahwa rangkaian acara pada Ganafest tahun ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal (28-29/11). Kegiatan pada (28/11) meliputi pelatihan hardskill yaitu pelatihan shoes painting, heena, dan jelly art. Hari kedua (29/11) merupakan puncak acara yang diadakan di lapangan KPLT FT UNY. Kegiatan pada puncak acara meliputi berbagai  macam lomba, bazar, dan hiburan. “Ada lima lomba yang diadakan untuk meramaikan acara puncak yaitu lomba kreasi minuman, lomba fashion design, lomba Make-Up Creative, karnaval, dan lomba stand.” kata Nur Aziz.

         Peserta lomba terdiri dari pelajar SMA/SMK dan mahasiswa, total peserta pada lomba minuman kreasi sebanyak 26 orang, lomba fashion design 46 orang, dan lomba Make-Up Creative 30 orang. Selain lomba, acara puncak juga diramaikan dengan banyaknya stand yang berdiri, total ada 30 stand, dimana 15 stand merupakan produk yang dijual dan disponsorkan, 14 stand diisi oleh kelas teknik boga, busana, dan rias di FT, dan 1 stand untuk stand game.

         Nur Aziz mengungkapkan bahwa acara Gana Festival tahun ini jauh lebih baik daripada tahun lalu, karena pada tahun ini panitia Gana Festival berhasil mengundang universitas lain untuk memeriahkan acara, khususnya untuk mengikuti acara sarasehan dan sharing tentang Jurusan Teknik Boga, Busana dan Tata Rias.. Universitas yang turut memeriahkan acara antara lain Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa (UST), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Surabaya (UNNESA).

         “Harapan saya untuk Gana Festival kedepannya ialah semoga acaranya lebih besar lagi dari tahun ini, bisa mencakup warga sekitar juga tidak hanya intern dari kampus, dan selalu meningkatkan kebersamaan.” jelas Nur Aziz.

Penulis: Kiki Aprillia Y