Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terdapat laman eprints.uny.ac.id untuk mencari dan menyimpan naskah, dokumen, karya ilmiah, skripsi, penelitian, serta tesis yang dapat diunduh oleh seluruh pengguna, khususnya mahasiswa UNY. Fasilitas itu membuat kita tidak harus pergi ke perpustakaan kampus untuk mencari buku dan jurnal. Hanya dengan berselancar lewat internet kebutuhan tersebut dapat dipenuhi, berikut ini cara penggunaannya.

Pertama kita harus memasang Zotero for Firefox dulu yang dapat diunduh dari zotero.org. Lalu klik allow saat penginstalan. Saat pemasangan sudah selesai, dan browser Firefox sudah di-restart, otomatis logo Zotero akan muncul di status bar yang terletak pada pojok kanan atas peramban Firefox. Setelah Zotero selesai di-install, saatnya mendownload jurnal yang ada di laman eprints.uny.ac.id, ketik judul jurnal, buku atau lainnya pada kotak pencari, klik kanan lalu pilih save Zotero.

Zotero juga dapat digunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis, dengan cara klik kanan pada dokumen yang sudah disimpan lalu pilih create bibliography for item dengan format dokumen RTF. Memilih tempat untuk save lalu OK. Setelah itu tinggal dibuka dokumennya, daftar isi sudah jadi sesuai dengan standar internasional.

Selain itu, apabila kita hanya mengetahui nomor ISBN suatu buku dan ingin mengetahui judulnya, kita dapat mencarinya lewat Add item for identifier lalu masukkan nomor ISBN-nya. Maka judul, nama pengarang, tahun terbit, penerbit dan tahun terbit langsung muncul.

Dengan menggunakan aplikasi Zotero, kecepatan pengunduhan dokumen lebih cepat daripada pengunduhan biasa. Hanya dalam hitungan detik, dokumen yang kita butuhkan sudah dapat kita manfaatkan.

Tidak hanya literatur nasional yang dapat kita jadikan referensi acuan, dengan membuka link.springer.com,  jurnal dan buku internasional dapat kita unduh secara bebas. Syaratnya kita harus memiliki email UNY untuk mendapatkan akun Springer Link.

Dengan adanya fasilitas itu harapannya mahasiswa tidak lagi kesulitan dalam mencari referensi dalam menulis laporan tugas akhir, penelitian, karya ilmiah, skripsi dan tesis. [Fitri]