Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sudah tidak asing dengan YSU. YSU merupakan nama hotspot resmi yang digunakan oleh UNY. Setiap laptop mahasiswa yang terkoneksi dengan internet pada saat di kampus sebagian besar tersambung dengan YSU.

Tepat pada hari Selasa (16/8) kemarin, ada yang berbeda dari tampilan login hotspot YSU. Tampilan yang baru ini lebih friendly dan halus jika dibandingkan dengan tampilan lama. Tampilan yang disuguhkan berisi slider pada sebelah kiri yang menampilkan beberapa informasi. Dan pada sebelah kanan terdapat kolom username dan password. Serta ada pengumuman pada bagian bawah yang berisi sosialisasi tentang tampilan dan mekanisme baru ini.

Berbeda dengan tampilan yang lama yang hanya berisi kolom username dan password dengan gambar robot disebelahnya. Tampilan ini terasa kaku dan kurang akrab dengan pengguna. Ditambah lagi banyak ruang yang tidak dimaksimalkan sehingga terkesan kosong.

Mekanisme baru yang digunakan YSU ini hampir sama dengan mekanisme sebelumnya. Hanya saja karena pihak Pusat Komputer ingin mengembangkan fitur SSO (Single Sign On), maka username dan password yang digunakan sama dengan username dan password email UNY.

Mekanisme baru ini akan diterapkan pada tanggal 3 September 2016 mendatang. Pada hari itu, semua akun YSU yang sebelumnya biasa digunakan akan dinon-aktifkan dan harus megaktivasi perangkat dengan mengeklik aktivasi. Dan kemudian memasukan akun UNY beserta password-nya.

aktivasi