Sumber gambar: www.rijahafizie19.deviantart.com

Oleh Farind Kirana Alliya

Kota Surakarta atau yang dikenal dengan Solo tengah berusaha mengembangkan berbagai kegiatan tanpa meninggalkan nilai budaya yang dimiliki dengan slogannya “Solo the Spirit of Java”. Saat ini, pemerintah Kota Surakarta tengah berusaha menjadikan kota kecil dengan lima kecamatan di Jawa Tengah ini menjadi destinasi wisata budaya.

Surakarta menawarkan berbagai tempat yang dapat dijadikan destinasi wisata yang sangat menarik. Dari mulai belajar membatik di Kampung Batik Laweyan, wisata belanja di Pasar Klewer, wisata budaya di Keraton Surakarta dan Keraton Mangkunegaran, serta menikmati damainya Taman Balekambang. Selain itu kota ini juga memiliki stadion kebanggaan masyarakat Solo, yaitu Stadion Manahan yang digunakan dalam PON pertama.

Selain destinasi wisata, Surakarta juga memiliki berbagai agenda tahunan yang turut menyemarakkan suasana kota. Mulai dari gemerlapnya festival lampion di Pasar Gedhe, berbagai penampilan menarik di Solo Internasional Performing Art (SIPA) yang diikuti pegiat seni dari seluruh dunia. Selain itu kita juga bisa menikmati berbagai macam bubur secara cuma–cuma di Ngarsopuro saat festival jenang, anggunnya para penari yang beraksi di acara Solo Menari 24 jam. Warna-warni batik yang cantik menghiasi acara Solo Batik Carnival, melestarikan budaya wayang orang di Taman Sriwedari, serta tidak boleh ketinggalan untuk berebut gunungan saat Gerebek Besar, dan banyak lagi agenda tahunan lainnya yang sayang untuk di lewatkan.

Untuk menunjang terwujudnya kota wisata, Solo selalu berusaha meningkatkan berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki agar para pelancong yang berkunjung nyaman ketika berwisata. Berbagai angkutan umum siap mengantarkan wisatawan ke tempat tujuannya seperti Batik Solo Trans, angkutan kota, serta Bus Wekudara, sebuah bus tingkat berwarna merah dengan gambar tokoh wayang Werkudara. Ditambah lagi dengan banyaknya hotel atau penginapan, mulai dari hotel yang memiliki tarif untuk para backpacker hingga hotel berbintang yang siap memanjakan diri Anda sembari menikmati keindahan Kota Surakarta.

Selain itu, melakukan wisata kuliner juga jangan sampai terlewatkan, sebab selain kota budaya, Surakarta juga dikenal dengan Kota Kuliner. Berbagai kuliner yang wajib dicoba seperti gudheg ceker yang hanya buka pukul dua pagi. Jika ingin menikmati gudheg ini, kita harus datang sebelum pukul dua jika tidak ingin mengantre cukup panjang. Ada juga Salad Solo yang sangat fenomenal, Serabi Solo yang terkenal gurih bercampur manis, segarnya sup matahari, dan Timlo Solo, serta masih banyak lagi berbagai makanan khas Solo yang wajib dicicipi.

Meski hanya kota kecil dengan luas area 44 km persegi, namun Solo menyajikan berbagai destinasi wisata yang bisa dijadikan rekomendasi untuk berlibur. Berbagai acara, kuliner, tempat, serta berbagai kesenian khas Solo akan menjadikan wisata Anda akan meninggalkan kesan yang mendalam, sehingga tidak perlu ragu lagi menjadikan kota ini sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya.