Jumat, (13/10) lalu telah terlaksana agenda pemilihan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) Pemilhan Umum Mahasiswa (Pemilwa) FT UNY 2017. Acara tersebut merupakan salah satu serangkaian proses Pemilwa FT UNY 2017. Kegiatan berlangsung mulai pukul 19.30 – 21.17 WIB di uang Sidang PKM FT UNY lantai 3 dengan dihadiri kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari anggota KPU, Banwaslu, Tim formatur Pemilwa FT UNY serta DPM FT UNY. Terdapat 3 mahasiswa (Rosyid, Bayu, dan Khusni) yang mencalonkan diri menjadi ketua KPU serta 2 mahasiwa (Adrian dan Ridwan) yang mencalonkan diri menjadi ketua Banwaslu.

Proses pemilihan calon ketua dilaksanakan dengan cara memberikan penilaian terhadap masing masing calon ketua KPU dan banwaslu berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh tim formatur. Adapun pertanyaan-pertanyaan tersebut mengenai organisasi mahasiswa, sikap adil, netral serta independen dalam pemilwa. Masing-masing calon ketua KPU dan Banwaslu diberi waktu tiga menit untuk menjawab tiap pertanyaan. Kemudian penilaian dilakukan oleh tim formatur pemilwa, anggota KPU dan anggota banwaslu dengan memberikan poin untuk setiap jawaban yang dilontarkan masing masing calon ketua KPU dan banwaslu pada lembar penilaian yang telah diberikan.

Dari pemilihan itu terpilih Abdul Rosyid dari Teknik Mesin D3 2016 sebagai ketua KPU Pemilwa FT UNY 2017 dengan perolehan 157 poin. Sementara Ridwan Afandi dari Pendidikan Teknik Mesin 2015 ditetapkan sebagai ketua Banwaslu Pemilwa FT UNY 2017 dengan perolehan 68 poin.

Menurut Abdul Rosyid selaku ketua KPU terpilih, pemilwa tahun ini mendapatkan antusias yang baik dari mahasiswa FT UNY, dengan ditandai adanya kurang lebih 50 pendaftar untuk menjadi bagian dari panitia pemilwa FT UNY 2017. Ahmad sofyan selaku ketua tim formatur menambahkan bahwa setelah terpilihnya ketua KPU dan Banwaslu pemilwa FT UNY maka akan segera dibentuk struktur kepanitiaan pemilwa itu sendiri, agar konsep pemilwa dapat dipersiapkan dengan matang dan dilaksanakan dengan baik.

Ridwan Afandi menyampaikan bahwa harapannya pemilwa tahun ini berjalan dengan lancar, baik KPU dan Banwaslu menjalankan tugasnya dengan baik. Ridwan menyampaikan agar Banwaslu dapat mengawasi gerak-gerik yang dapat menghambat jalannya pemilwa serta tidak ada pihak yang merasa dirugikan. [Danang]