Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan (HMTSP) Universitas Negeri Yogyakarta menggelar seminar nasional pada Sabtu, (28/10) di Gedung Kantor Pusat Layanan Terpadu (KPLT) Fakultas Teknik UNY. Acara ini adalah agenda tahunan yang diadakan HMTSP dan merupakan rangkaian dari Civil Explotion ke-5. Sebelumnya telah diadakan Lomba Rancang Bangun Jembatan (LRBJ) antar SMA/SMK/Sederajat pada (21-22/10) lalu.

Seminar Nasional tahun ini mengusung tema ‘Perkembangan Teknologi Konstruksi dalam Mendukung Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan’. “Diangkatnya tema ini dikarenakan oleh tuntutan akan pembangunan infrastruktur menjadi tantangan tersendiri bagi dunia konstruksi di Indonesia, seiringnya dengan adanya moderenisasi teknologi berkembang dengan sangat pesat,” ujar Turas Nur Vermantyasto selaku Ketua Panitia Seminar Nasional.

Yang berbeda dari seminar nasional tahun ini adalah diselenggarakannya call for paper pada tanggal yang sama, bertempat di ruang belajar Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Anno Mahfuda selaku pantia Seminar Nasional memaparkan call for paper ialah acara yang didalamnya mirip kuliah umum dan pembedahan makalah-makalah yang sudah dianggap baik dan lolos. Dia juga menambahkan makalah-makalah tersebut akan dipresentasikan dan dikaji pemakalah bersama-sama dengan peserta call for paper itu sendiri.

Seminar ini turut menghadirkan empat pembicara diantaranya Hery Vazah selaku Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian PUPR, Sentot Sangadji selaku Guru Besar dan Dosen Teknik Sipil UNS, Agus Ruliyanto selaku Project Manager IDB UNY PT. Waskita Karya, serta Eugenius Pradipto selaku Dosen Arsitektur UGM. Seminar Nasional dibuka oleh Dekan Universitas Negeri Yogyakarta, Widarto. Dalam sambutannya Ia mengapresiasi dan bangga atas diselenggarakannya seminar ini guna mendukung pembangunan berkelanjutan infrastruktur dan berharap agar UNY dapat berpartisipasi dalam pembangunan tersebut. [Galuh]

Sumber Gambar : Istimewa