Sumber Gambar : Istimewa

Lembaga Pers Mahasiswa Teknik (LPMT) Fenomena Fakultas Teknik UNY telah menyelenggarakan pelantikan anggota baru yang ke-16 pada tanggal 25-26 November 2017. Acara ini bertempat di Mercusuar Pantai Pandansari, Bantul. Peserta yang dilantik berjumlah 22 orang yang berasal dari berbagai macam jurusan di Fakultas Teknik.

Kegiatan pertama yang mereka lakukan ialah pembuatan media. Para peserta terbagi menjadi empat kelompok dengan jumlah anggota 5-6 orang per kelompok. Disana mereka mengaplikasikan materi-materi jurnalistik yang telah didapatkan sewaktu pendidikan dasar (diksar). Dimulai dari bagaimana menentukan tema, wawancara narasumber sampai membuat tulisan seperti headline, perspektif, opini, puisi dan banyak lainnya. Setelah jadi, media mereka dipresentasikan pada peserta lainnya, anggota dan alumni LPMT Fenomena. Mereka harus mempertanggungjawabkan apa yang mereka tulis, dari segi isi maupun layoutnya. Selain mendiskusikan media yang dibuat disana, didiskusikan juga media mereka yang terlebih dahulu dibuat sebelum acara pelantikan. Disini anggota dan alumni mengoreksi dan memberikan saran tentang media mereka.

Pada malam hari, diselenggarakan pentas seni yang ditemani kehangantan api unggun. Bertempat di pinggir pantai, tiap peserta menampilkan kebolehan dan bakat mereka masing-masing. Ada menampilkan yang bernyanyi diiring gitar, berpuisi, berpantun dan stand up comedy.

Kegiatan puncak yang menjadi ciri khas pelantikan ialah wawancara tengah malam. Para peserta harus mengenakan penutup mata kemudian dituntun ke empat pos dengan pembahasan yang berbeda-beda. Pada pos pertama akan dijelaskan tentang fenomena, struktur organisasi dan produk-produk yang dihasilkan. Di pos kedua yaitu pengenalan diri, peserta menjelaskan mengenai dirinya, kelebihan, kekurangan dan passionnya. Diharapkan setelah mengetahui potensi dari masing-masing peserta, mereka bisa ditempatkan sesuai dengan potensinya dalam organisasi. Pada pos ketiga yakni stressing, peserta diberi permasalahan dan diharapkan dapat menyelesaikannya dengan pemikiran mereka. Pos terakhir atau pos motivasi, bertujuan untuk pemantapan tekad dan niat para peserta dengan LPMT Fenomena UNY. Ritual terakhir adalah penyiraman air kembang setelah menandatangani surat pernyataan anggota biasa dan akhirnya akhirnya resmi menjadi anggota LPMT Fenomena UNY. [Galuh]