Minggu (25/02) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP) Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017 telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yang bertempat di  LKSA/Panti Asuhan Yapitu Alhuda Pucung, Bantul. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa PTSP untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari mahasiswa PTSP sendiri, pengelola panti beserta anak-anak asuh di  panti asuhan tersebut.

Kegiatan bakti sosial ini dibuka oleh Sambutan dari Widodo selaku pengelola panti asuhan. Dalam sambutannya dia membagikan kisah hidupnya kepada mahasiswa dan anak-anak panti. Dia menceritakan bahwa telah mendedikasikan hidupnya untuk merawat anak-anak asuh di panti tersebut.  Dia memberikan nasehat kepada para mahasiswa beserta masyarakat untuk selalu berbagi kepada sesama. “ Untuk apa memiliki harta berlimpah tapi tidak bermanfaat bagi sesama. Intinya berbagilah agar kita dapat merasakan nikmat rezeki yang sesungguhnya,” ujar Widodo.

Kegiatan ini menjadi bakti sosial pertama yang dilakukan mahasiswa PTSP angkatan 2017. Pandu selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini ialah inisiatif dari mahasiswa angkatan 2017 sendiri bukan dari HIMA jurusan ataupun pihak-pihak lain. Menurutnya ini adalah bentuk kepedulian terhadap sesama. “Bukan tentang seberapa besar yang kita beri, tapi seberapa besar kepedulian kita terhadap sesame,” ujar Pandu.

Kegiatan ini juga diisi dengan beberapa permainan seperti tebak kata dan jalan mundur. Permainan ini diikuti anak-anak panti dan dipandu oleh mahasiswa. Setelah itu, dilakukan makan bersama anak-anak, beserta pengurus panti yang telah disediakan oleh panitia. Di akhir kegiatan dilakukan pembagian hadiah bagi para pemenang permainan.

 

Mahasiswa PTSP optimis kegiatan ini dapat terselenggara kembali dan menjadi agenda wajib bagi mahasiswa PTSP. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan bakti sosial ini dapat menanamkan jiwa sosial serta menambah rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan. (Galuh)