Selasa (8/7) Kongres Nasional Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) XIV resmi dibuka oleh Kapti Rahayu Kuswanto, Rektor Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Kongres Nasional kali ini dilangsungkan di dua tempat, yaitu di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, dan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Karanganyar.

Kongres yang bertema “Membangun Orientasi Persma dalam Gerakan Literasi” ini diikuti oleh peserta dari berbagai pers mahasiswa se-Indonesia. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza dan Darah Juang. Lalu dilanjutkan dengan penampilan tarian selamat datang dari mahasiswi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Setelah seremonial pembukaan, acara dilanjutkan dengan seminar nasional bertajuk “Pendidikan Berbasis Gender dalam Era Keterbukaan Informasi”. Dalam seminar ini diundang Elizabeth Yuniarti sebagai aktivis SPEK-HAM Surakarta dan Ichwan Prasetyo sebagai jurnalis dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surakarta.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jendral Nasional (Sekjennas) PPMI Irwan Sakkir mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada Rektor Unisri karena telah memberikan tempat untuk PPMI menyelenggarakan kongres. “Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Rektor, karena tidak biasanya PPMI mendapat tempat di kampus,” ucapnya.

Kongres Nasional sendiri dilangsungkan di Gedung BLK Kabupaten Karanganyar. (afma)