Jumat (10/8) Kongres Nasional Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) ke-XIV yang dilaksanakan di Surakarta dilanjutkan dengan agenda pemilihan Sekretaris Jenderal Nasional (SEKJENNAS) PPMI. Dari hasil pemilihan oleh forum didapat dua calon yaitu Rahmat Ali dari Dewan Kota Yogyakarta dan Tamam dari Dewan Kota Semarang.

Forum dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta kongres dengan kedua calon. Rekan dari DK Malang menawarkan kontrak komitmen kepada calon SEKJENNAS agar setiap Dewan Kota dapat berkontribusi kepada Pengurus Nasional. Namun kontrak ini belum disetujui dan masih dipertanyakan oleh forum.

Ketika pimpinan sidang mengembalikan order kepada forum, forum tetap mempertanyakan permintaan tersebut. Karena terus mendapat penolakan, akhirnya DK Malang memutuskan keluar dari forum.

“Ini order terakhir kami (untuk kontrak komitmen kepada SEKJENNAS), atau kami dari Malang akan walk out,” ungkap salah satu perwakilan.

Langkah walk out juga diikuti oleh DK Jember dan DK Makassar. Kedua Dewan Kota menganggap bahwa forum yang berlangsung tidak sehat sejak awal mula dimulai.

“Kami memutuskan untuk walk out karena forum tidak sehat dari awal, banyak voting tanpa musyawarah,” ungkap salah satu perwakilan DK Makassar.
Hingga berita ini ditulis, lobby yang diputuskan oleh pimpinan sidang selama 15 menit masih berlangsung antara Sekjen Kota. (akbar)