Kongres Nasional Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) ke-XIV pada Jumat (10/8) di Gedung BLK Kab. Karanganyar berlanjut dengan pemilihan Sekretaris Jenderal Nasional (Sekjennas) PPMI selanjutnya. Rahmat Ali alias Maheng dari Dewan Kota Yogyakarta akhirnya terpilih sebagai Sekjennas yang baru setelah menang telak atas Tamam dari Dewan Kota Semarang.

Maheng menuturkan bahwa dirinya akan fokus terhadap PPMI Caretaker dan PPMI dari wilayah lainnya yang belum mendeklarasikan diri sebagai anggota PPMI. “Ya, semoga bisa membantu Tasikmalaya aktif, dan tentunya daerah lainnya yang belum deklarasi,” ungkapnya.

Selain itu, Maheng juga mengatakan bahwa dirinya juga ingin PPMI mempunyai sumber pendanaan sendiri. Untuk itu ia ingin membuat sebuah koperasi mandiri. “Karena pengalaman selama ini setiap PPMI Nasional ingin membuat acara, pasti tidak ada dana,” jelasnya.

Terpilihnya Maheng sebagai Sekjennas periode 2018-2019 sempat diwarnai walk out beberapa Dewan Kota seperti DK Malang, DK Jember, dan DK Makassar. Dua nama terakhir walk out dari forum dengan alasan diskusi yang berlangsung sejak awal sudah tidak sehat. (afma)