Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) diselenggarakan dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri sekaligus memberi bekal bagi keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Dilansir dari belmawa.ristekdikti.go.id, PKKMB tahun ini diharapkan dapat menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21.

Sejalan dengan hal tersebut PKKMB UNY tahun 2018 mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Unggul Menyongsong Masyarkat Madani”. PKKMB dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 14 Agustus sampai 17 Agustus 2018 bertempat di GOR dan Fakultas masing-masing. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan pascasarjana dari 7 fakultas yang terdapat di UNY.

Hal yang paling menjadi sorotan dalam tema kali ini adalah pada konsep generasi unggul di zaman milenial yang terbiasa dekat dengan teknologi sehingga biasa disebut Generasi Milenial. Sedangkan masyarkat madani sendiri diartikan sebagai masyarakat yang memiliki prinsip multimakna namun yang paling dominan adalah masyarakat yang demokratis. Generasi milenial sering dikhawatirkan sebagai generasi yang mudah dipengaruhi, sehingga perlu ditanamkan pendidikan karakter bernama karakter profetik. Bisa disimpulkan dengan adanya pendidikan pan penerapan karakter profetik pada generasi milenial dapat menciptakan anak didik yang paripurna dan dapat membantu membangun sebuah negara ideal, Indonesia Madani.

PKKMB UNY diawali dengan menyuarakan yel-yel yang telah dipersiapkan oleh masing-masing fakultas sebagai ajang unjuk kebolehan diri seperti yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Selanjutnya acara sambutan jajaran birokrasi. Adapun agenda utama adalah penyampaian materi dari berbagai pemateri seperti Helmy Yahya selaku Direktur Utama TVRI, Ahmad Dhofiri selaku Kapolda DIY, dan Muhammad Zamroni selaku Komandan Korem 072 Pamungkas. [Bunga]