Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNY dibuka tepat pukul 09.40 WIB oleh Rektor UNY, Sutrisna Wibawa pada Selasa (14/8). Dalam sambutannya, Sutrisna mengatakan bahwa animo peminat UNY tahun ini sebanyak 171.770 untuk program D3 dan S1, sedangkan yang diterima sebanyak 5.882 mahasiswa dengan tambahan kursi sekitar 400 bagi SNMPTN dan SBMPTN dari tahun sebelumnya. Sementara itu, ada 4.897 peminat untuk program S2 dan S3 dan diterima sebanyak 1086.

Dipaparkan lebih jauh lagi dari sambutan sebelumnya oleh Edi Purwanta selaku Wakil Rektor II, jurusan yang paling diminati dalam program soshum secara beruntun adalah Manajemen, Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan terakhir Admnisitrasi Negara. Sedangkan untuk program sains yaitu Teknik Informatika, Biologi, Matematika, dan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP).

Dalam sambutannya, Sutrisna Wibawa juga menekankan kepada mahasiswa baru untuk terus meningkatkan kualitas, sebab tidak semua orang bisa mendapat kesempatan mengenyam pendidikan di UNY. ”Anda semua merupakan orang yang terpilih, berkualitas, maka dari itu terus bersama-sama meningktan kualitas,” ujarnya.

Selain itu, dalam menyongsong revolusi industri 4.0, Sutrisna mengimbau agar mahasiswa aktif mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas sehingga waktu luang mereka tidak terbuang sia-sia. “Kita sekarang hidup di era teknologi, revolusi industri 4.0, semuanya serba digital sehingga mudah untuk melahirkan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat, maka saudara ikuti kegiatan yang mendukung kemanapun produktivitas,” tambah Sutrisna Wibawa.

Pimpinan tertinggi UNY ini juga menjelaskan bahwa mahasiswa baru bukan lagi siswa SMA, sehingga harus bisa lebih bersikap dewasa dan mandiri. “Para dosen tentu akan membimbing saudara-saudara dan tidak sama dengan belajar di SMA, karena Anda orang dewasa, banyak kerja dan workshop, dosen hanya sebagai pembimbing,” tambahnya.

Pembukaan PKKMB diakhiri dengan penyerahan dokumen secara bertahap mulai dari Wakil Rektor II, Rektor, Wakil Rektor III selaku bagian kemahasiswaaan, kemudian berakhir kepada ketua panitia PKKMB agar dapat melaksanakan kegiatannya didampingi oleh ketua BEM dan DPM. Selanjutnya penyematan jas almamater kepada perwakilan masing-masing program studi oleh Wakil Rektor III.

“Saya terima saudara-saudara sebagai mahasiswa UNY, merdeka dan UNY jaya,” tutup Sutrisna. [Bunga]