(Sabtu/11) Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta telah menyelenggarakan acara Malam Inagurasi sebagai peringatan hari jadinya yang ke-37. Malam Inagurasi sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pada jelang malam hari sebagai wujud syukur atas diterimanya, diresmikannya, disahkannya, suatu kedudukan, jabatan atau status. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk kegiatan forum untuk menunjukan bahwa mahasiswa mesin mempunyai komunitas dan persatuan mesin seluruh Indonesia.

Acara Inagurasi  diselenggarakan di taman Pancasila UNY dengan mengusung tema “Serawung Sewengi Bareng Mesin”. Candra Gunawan selaku ketua pelaksana Malam Inagurasi mengatakan acara ini merupakan ajang silahturahmi satu malam sesama jurusan mesin. Tidak hanya mahasiswa FT yang menghadiri acara ini, turut hadir juga Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dari berbagai universitas baik di DIY maupun luar DIY.

Digelar juga talk show dengan pembicara Andi Surya Putra dan Widodo Hadi Putra selaku Ketua HIMA Mesin FT UNY 2016 dan  selaku Ketua HIMA Mesin FT UNY 2013  yang di moderatori Muhammad Arif Abdurahhman. Talk show ini membahas pengalaman-pengalaman organisasi para pembicara baik di dalam maupun luar kampus serta pemahaman arti  logo jurusan Mesin di dalam dunia kependidikan.

Acara tersebut diramaikan dengan penampilan-penampilan dari band dan akustik angkatan 2017 dan 2018 mahasiswa jurusan Mesin FT UNY. Tidak hanya itu, cover dance dari beberapa mahasiswa juga turut memeriahkan acara tersebut. Candra mengatakan acara yang diselenggarakan tidaklah jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya tema yang diangkat dan Guesstarnya yang berbeda. Guesstar acara ini dimeriahkan oleh DJ DIXIE. Tidak ada alasan khusus dalam pemilihan DJ sebagai bintang utama acara ini. “Soalnya awalnya kan kita mau bikin dangdutan tapi nggak di acc jadinya ngambil DJ aja. DJ lebih  dirasa dapat menjaga ketertiban dibanding dangdutan, mengingat kebanyakan yang menonton merupakan mahasiswa mesin yang notabene adalah laki-laki,” ujar Candra.

Candra berharap acara yang dilaksanakan dapat menginspirasi teman-teman yang nantinya mendapat output yang berguna bagi diri mereka sendiri untuk memajukan HIMA Mesin dan daerah asalnya. (Lucky)