Sabtu (1/12) Himpunan Mahasiswa Elektronika (HIMANIKA) menyelenggarakan lomba Elination 2018. Lomba tingkat mahasiswa dan siswa SMK se-Indonesia yang diselenggarakan di Aula KPLT UNY lantai 3 ini mengangkat tema “Synergize to form Indonesian’s Leading Seeds of Excelence, Creative and Innovative in the Era of Technological Advancement.”

Tema ini dipilih agar pemuda Indonesia dapat mengatasi permasalahan umum, seperti yang dipaparkan Ketua Panitia Ellination 2018, Apri Ega. “Sebenarnya untuk mengatasi juga membangun juga bisa, bisa dua-duanya ya,” terangnya.

Baca juga: Taksi 100.000 Won

Ia juga berharap agar mahasiswa bisa menciptakan inovasi-inovasi baru, khususnya sesuai Jurusan Elektronika dan Informatika. Untuk peserta, ia mengakui bahwa telah sesuai target. Bahkan untuk Lomba Jaringan ketika pendaftaran online mencapai 300 pendaftar. Total peserta keseluruhan peserta yang lolos seleksi ialah 20 orang untuk Lomba Jaringan dan 10 tim di IOT.

Acara tingkat Nasional ini diikuti oleh peserta yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Samsul Arifin yang mewakili Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan seperti Elination. Namun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan lagi.

Baca juga: HMTSP Gelar HSPro

“Menurut saya acara kayak gini sih bagus, cuma kemarin sih ada beberapa kendala-kendala yang terlihat tidak profesional, kayak ngirim proposal harusnya (tanggal) sekian ditutup ternyata masih bisa (dikirim)”, terangnya.

Peserta Lomba Jaringan juga memaparkan kesan dan pesan. Salah satunya Agung Saptoadi yang berasal dari SMKN 1 Bawang Banjarnegara. Ia mengaku mendapat teman baru di Elination 2018 ini. (Airlangga)