Kamis (6/12) Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Dan Perencanaan (HMTSP) FT UNY mengadakan debat antara calon Ketua HMTSP 2019. Acara yang dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan(JPTSP) ini dihadiri warga jurusan dan dinominasi oleh pengurus HMTSP 2018.

Doc. Pribadi

Acara yang berlangsung dari pukul satu siang tersebut mengusung tema Ketua Himpunan Adalah Tonggak Pergerakan Mahasiswa. Acara tersebut juga dihadiri dan diawasi secara langsung oleh KPU FT UNY.

Dengan menghadirkan tiga orang panelis yaitu Falih Hilmi Mufakor sebagai ketua HMTSP 2017, Eki Aulia Abdul Rahman sebagai Sekjen HMTSP 2017, dan Fikri Kurniawan sebagai Ketua HMTSP 2018. Dengan adanya acara tersebut diharapkan menjadi ajang untuk mengenalkan calon Ketua HMTSP 2019 kepada warga jurusan. Kedua kandidat calon ketua, Isnan Iga Taufan dan Surya Budi Gunawan sama-sama menekankan untuk menjadi penyampai aspirasi masyarakat jurusan yang lebih baik dari periode sebelumnya.

“Kita ingin menghidupkan jam malam yang ada di jurusan PTSP ini, entah itu di selasar gedung baru, atau di ruang belarjar (RB). Dengan demikian kita tidak perlu belajar di KPLT” ujar Surya Budi Gunawan yang merupakan calon ketua nomor urut dua dalam penyampaian proker yang dia sampaikan. Hal tersebut juga selaras dengan Isnan Iga Taufan yang merupakan calon nomor urut satu, yang menginginkan tempat jurusan untuk tempat belajar pada malam hari.

Para panelis yang hadir, selain memberikan pertanyaan kepada calon ketua, mereka juga memberikan tanggapan dan saran-saran untuk menjalankan tugas sebagai ketua HMTSP berikutnya. “nanti dari grand design tersebut kalian tentukan tujuan kalian apa, terus cari target-targetnya apa, setelah target, baru tentukan program kerjanya, hal itu jangan sampai terbalik” ujar Eki sebagai panelis dalam acara debat calon ketua HMTSP 2019.

Baca juga : Tidak lain untuk mencari kekuasaan

Setelah sesi pertanyaan dari panelis, dilanjutkan sesi saling tanya jawab antar calon ketua HMTSP 2019, dan dilanjutkan oleh sesi pertanyaan dari warga jurusan yang hadir dalam acara debat tersebut. Setelah sesi tersebut berakhir, acara debat itu ditutup dengan closing statement dari masing-masing calon ketua.

Acara yang berlangsung selama dua setengah jam ini sempat terhenti karena hujan. Namun dilanjutkan kembali setelah berpindah tempat ke selasar depan ruang belajar jurusan PTSP.

Reporter: Willy A