Komisi Pemilihan Umum (KPU) FT UNY kembali menyelenggarakan Debat Pasangan Calon (Paslon) Ketua & Wakil BEM FT di selasar LPTK FT, Jumat malam (9/12). Debat yang bertajuk ‘Ideal BEM Seperti Apa’ ini turut mengundang empat panelis yang merupakan mahasiswa atau alumni mempunyai jabatan di BEM FT atau DPM FT pada beberapa tahun lalu.

Dalam debat kali ini, kedua paslon kembali beradu gagasan dan pendapat. Selama masa kampanye, Sivan, Calon Ketua BEM FT nomor urut 2, menyebut bahwa banyak mahasiswa yang mengatakan BEM FT perlu follow up aspirasi mahasiswa.

“Apa yang dilakukan (seharusnya adalah) aksi (follow up) dari BEM. (Presentasenya) 50% BEM seharusnya bisa pencitraan atau promosi. BEM bukan Badan Event Mahasiswa. Harusnya BEM bisa menampung lalu mengaspirasikan,” papar Sivan.

Sejalan dengan Sivan, Nanang, Calon Wakil Ketua BEM FT nomor urut satu menyebut bahwa aspirasi mahasiswa masih berkutat dengan UKT.

“(Mahasiswa) mengeluhkan soal UKT, kita list agar penurunan UKT bisa dipermudah. Selain itu juga ada manajemen WC, keluhan kapita selekta (posisi BEM FT dalam kapita selekta) itu seperti apa,” jelas Nanang.

Pasangan Nanang, Fikri juga mengatakan BEM perlu mengakomodasi aspirasi hingga tuntas. “BEM harus mengakomodasi aspirasi hingga tuntas, sehingga mahasiswa tidak merasa diacuhkan,” jelas Fikri.

Terkait program satu bulan ke depan, kedua paslon sepakat akan memantapkan pengurus internal BEM FT. Fikri menjelaskan, dirinya bersama Nanang ingin semua pengurus mengerti visi dan misi mereka.

“Memastikan semua pengurus mengerti visi dan misi, dan paham kenapa mereka harus ada di BEM. Hingga pengurus bisa kompak, solid, baru kita bisa bekerja. Pemantapan orientasi,” jelasnya.

Senada dengan Fikri, Sivan juga ingin mempersiapkan semua pengurus BEM FT. “Jika tercapai (menyiapkan pengurus BEM), kami akan melengkapi administrasi seperti AD/ART dan GBHK. Setelah itu kita akan srawung ke setiap ormawa. Setelah itu akan ada angket aspirasi,” terang Sivan.

Tanggal 7 Desember adalah hari terakhir dari masa kampanye yang telah ditetapkan KPU FT. Pemilihan Ketua & Wakil BEM FT serta Ketua Himpunan akan dilaksanakan pada 11 Desember mendatang.

Reporter: Akbar Farhatani