Senin (19/8) 2019, telah diadakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di GOR UNY. Peserta yang mengikuti acara ini meliputi mahasiswa baru progam sarjana dari seluruh fakultas di UNY, mahasiswa baru progam pascasarjana, dan pihak birokrasi serta tamu undangan. Purja  Wida Maha Dwie selaku panitia acara menuturkan bahwa mahasiswa baru yang hadir sekitar 7000 mahasiswa dan tamu birokrasi sekitar 90 orang.

Acara yang mengusung tema “Generasi Unggul Untuk Indonesia Berdaya” dihadiri oleh 7000 mahasiswa baru serta 90 orang tamu birokrasi. Persembahan tarian oleh mahasiswa UNY mengawali acara tersebut dan bahkan rektor beserta jajarannya membawakan beberapa lagu yang diapresiasi oleh mahasiswa baru. Selain itu Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY menyampaikan sambutan dan berpidato tentang era digital hingga revolusi industri.

Baca Juga: Miskoordinasi, Mahasiswa Baru Alih Jenjang Tidak Mengikuti PMB

Sutrisna Wibawa dalam sambutanya mengingatkan pada seluruh peserta bahwa sekarang berada pada zaman digital, terutama tentang berlangsungnya Revolusi Industri 4.0. “Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang dalam menapak revolusi indutri 4.0 dengan ciri utama era digital dan pola-pola pembelajaran yang sehari-hari sekarang adalah era digital”, ujarnya.

Ia juga berpesan pada mahasiswa baru yang hadir bahwa mereka adalah harapan, sebagai Agent of Change bagi Indonesia menuju maju dan unggul. “Mengarungi dunia tanpa takut dan cemas. Kami akan menyiapkan pribadi-pribadi yang matang dengan softskill atau pun hardskill. Mengembangkan ilmuan dengan pendidikan dan berdedikasi tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya. Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika memberikan paparan tentang Teknologi Informasi kemudian paparan terakhir oleh Mayjen Dudung Abdurachman selaku Gubernur Akademi Militer berupa Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme. (Angga)