Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa baru (PKKMB) Fakultas Teknik UNY telah usai dilaksanakan, Jumat (11/09). PKKMB yang berlangsung selama 1 hari untuk fakultas ini berbeda dengan PKKMB tahun sebelumnya dimana semua sistem yang digunakan melalui daring.

Pada penerapanya, PKKMB daring dirasa masih banyak kekurangan serta banyak hal yang harus dibenahi seperti diungkapkan  oleh Darmono, Wakil Dekan 3 Bagian Kemahasiswaan dan Akademik ketika di konfirmasi oleh reporter Wartafeno.com.

“Saya belum begitu yakin kalau dibandingkan dengan offline pasti jauh berbeda tapi ini satu-satunya cara strategis yang dapat dilakukan. Saya yakin tidak semua mahasiswa bisa ngelink, bisa salah email, jaringannya tidak ada, kuotanya habis dan banyak masalah lainnya” jelasnya

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT, Fikri Maulana yang mengatakan bahwa dengan menggunakan sistem daring, kerja panitia PKKMB lebih sulit serta hasil yang diharapkan tidak tercapai maksimal.

 “Kekurangannya itu terkait tur kampus semisal dimana tempat praktek, bagaimana bentuk gedung, apa saja fasilitasnya, kelasnya seperti apa, apakah kelas ini akan nyaman dipakai atau tidak, hal-hal seperti ini hanya dapat kita laksanakan ketika offline. Ini yang menjadi problem pelaksanaan tahun ini” katanya


PKKMB Daring, PK Kurang Nyaring

Lebih lanjut dia memaparkan bahwa untuk menyiasati hasil yang tidak maksimal tersebut, panitia telah menyiapkan sesi bincang birokrasi dan alumni yang dapat dijadikan salah satu wadah untuk bertanya lebih lanjut tentang fakultas dan jurusannya masing-masing.

“Untuk pengenalan kampus sendiri, tadi sewaktu bincang birokrasi sudah dijelaskan oleh Dekanat terkait motivasi kuliah, akademik, plagiarisme sampai 9 karakter FT. Terus juga tadi ada bincang dengan alumni, itu juga sharing session gimana mahasiswa di FT untuk bisa sukses seperti mereka”

Selain melalui materi, panitia juga menyiapkan video tentang lingkungan sekitar kampus FT UNY yang akan mempermudah mahasiswa baru mengenal kampus dengan lebih baik lagi.

“Jadi sebenarnya ada niat baik dari kita panitia untuk mengenalkan kampus, jadi kita membuat video tentang itu. Dulu pernah ada konsep waktu tahun ajaran baru itu sudah tatap muka. Rencana panitia PKKMB akan ada agenda secara offline. Ternyata, dikeluarkan SK Rektor tentang perpanjangan masa kuliah daring”  Jelas Fikri

Namun lebih dari itu, dengan segala keterbatasan yang dihadapi, WD 3 juga berharap agar seluruh mahasiswa baru Fakultas Teknik tetap dapat melaksanakan kuliah dengan lancar dan beradaptasi dengan dunia kampus secara maksimal.

“Saya berharap setelah ini mahasiswa baru dari yang dulu budaya pembelajaran di SMA, SMK dan setingkatnya dapat berpindah menjadi seorang yang mandiri dan dewasa. Karena kuliah itu yang dituntut kemandirian dan kreativitasnya. Untuk itu, semoga mereka bisa sukses dan mandiri.” Tutupnya

Penulis: Nia

Editor: Teguh Iman Perdana