Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) melakukan aksi di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Yogyakarta (8/10).

MPBI terdiri dari berbagai kalangan masyarakat diantaranya adalah Paguyuban Becak Malioboro, Komunitas Pedagang Kaki Lima (PKL) Maliobroo, Serikat Buruh Yogyakarta, mahasiswa dan pelajar.

Pada orasi yang disampaikannya, perwakilan Komunitas PKL Malioboro mengatakan bahwa aksi ini akan dilakukan secara damai dan tidak anarkis

“Kita sampaikan aspirasi kita kepada pemerintah, saya juga memberikan pesan kepada teman-teman semua bahwa mari kita junjung tinggi bahwa kota Yogyakarta adalah kota yang humanis dan penuh dengan sopan santun. Kita laksanakan aksi ini dengan damai jangan sampai ada anarkis dan merugikan masyarakat umum” katanya

Demo Omnibus Law di Kota Banjar, Mahasiswa Menolak Mendengar Jawaban Ketua DPRD

Setelah orasi, Ketua DPRD fraksi Partai Kesejahteraan Sosial, Imam taufik, menandatangani surat pernyataan bahwa DPRD Yogyakarta menyatakan sikapnya dalam mendukung aksi MPBI untuk menghilangkan UU Cipta Kerja.

Dalam surat tersebut berisi bahwa Kedaulatan Serikat Buruh Yogyakarta akan tetap melaksanakan aksi dalam jangka waktu yang panjang sampai UU Cipta Kerja dihapuskan. Selain itu, surat ini langsung dibacakan oleh Imam Taufik

Berikut ini adalah isi surat tersebut.

“Kedaulatan Serikat Buruh Yogyakarta untuk mencabut dan menghilangkan Omnibus Law atau UU Cipta Kerja dari tanah rakyat Indonesia bahwa cita-cita proklamasi Indonesia adalah untuk mewujudkan keadilan dan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, namun UU Cipta Kerja telah mengambil hak cita-cita itu oleh karena itu kami memproklamasikan bahwa buruh Yogyakarta tidak setuju dengan Jokowi, DPR dan partai politik yang mengesahkan UU Cipta Kerja dan buruh Yogyakarta siap melakukan aksi tahan lama untuk menghapuskan UU Cipta Kerja”

Selain Fraksi Partai Kesejahteraan Sosial, fraksi Partai Demokrat juga menyatakan sikapnya dalam mendukung aksi pada siang hari ini.

“Kami dari partai Demokrat sudah jelas bahwa kami menolak UU Cipta Kerja dan kami mendukung kalian dan akan mendampingi kalian dalam aksi ini”, Pungkas salah satu anggota DPRD dari fraksi Demokrat.

Penulis : Nia Manehat

Editor : Teguh Iman Perdana