Melalui platform ZOOM dan Youtube, Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan Webinar yang diikuti lebih dari 600 peserta dengan tema “The Rise of Robotics and AI In 4th Industrial Revolusion” yang diadakan pada Sabtu (27/2).

Pelaksanaan webinar ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperkenalkan prodi Teknologi Robotika dan Kecerdasan Buatan (TRKB) kepada calon mahasiswa yang berminat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi khususnya di UNAIR.

Dalam pelaksanaannya, webinar ini mengundang M. Aldo Setiawan dan Yutika Amelia Effendi selaku dosen TRKB sebagai pemateri. Aldo menyampaikan bahwa efek dari adanya robot dalam industri yakni berkurangnya tenaga kerja sehingga kemampuan para pekerja harus diupgrade agar mampu mengoperasikan robot di dunia industri.

Yutika Amelia Effendi juga menyampaikan bahwasanya program studi TRKB ini mempelajari berbagai macam mata kuliah terkait robotika dan juga kecerdasan buatan, bagi lulusan yang berkeinginan melanjutkan ke perguruan tinggi luar negeri atau melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) apabila ingin melanjutkan kuliah di dalam negeri.

Aisyah Rania, peserta webinar saat ditanya terkait pendapat mengenai acara ini menyampaikan bahwa webinar ini sudah cukup memenuhi ekspetasinya saat mendaftar sebagai peserta.

Di sisi lain, dia juga sedikit merasa kecewa dengan pembahasan webinar yang lebih menjurus tentang kurikulum.

“Webinar yang diselenggarakan tadi telah memenuhi ekspektasi aku, hanya saja di pertengahan-akhir pembahasannya lebih ke prodi, kurikulum, dan jalur masuk. Sementara di poster tidak diberitahu kalau akan dibahas mengenai itu,” jelasnya.

“Setelah tadi diingetin impotance untuk belajar teknologi terkini, harapanku semoga kemauan aku makin terdorong untuk ambil online coding course,” tambah Aisyah.

Azka Dito selaku ketua panitia berharap semua peserta tidak mudah takut untuk mengambil langkah baru untuk menggapai tujuan yang diimpikan.

Penulis: Muhammad Rofiq

Penyunting: Nia