Serah Terima Jabatan BEM FT UNY, Azrul: Minat Mahasiswa Gabung Ormawa FT Sedikit, Malah Banyak di Universitas

Sumber gambar: Instagram

Kepengurusan organisasi mahasiswa FT UNY tahun 2022 usai dengan terselenggaranya kegiatan Sidang Umum KM FT UNY pada hari Minggu (12/2) bertempat di Ruang Teater FT UNY.

Menurut UU KM FT UNY, sidang umum merupakan forum pemusyawaratan mahasiswa tertinggi di KM FT UNY yang dapat diikuti oleh anggota DPM, pengurus BEM, delegasi HIMA, delegasi UKM, bahkan oleh mahasiswa FT UNY. Pada agenda sidang umum ini, sebanyak 17 peserta sidang umum hadir langsung di tempat.

Serangkaian acara telah diikuti sesuai dengan tata tertib dan ditutup dengan serah terima jabatan Ketua BEM FT UNY 2022 Agung Setiawan kepada Ketua BEM FT UNY 2023 Azrul Ikhsan.

Agung (kiri) dan Azrul (kanan) dalam serah terima jabatan BEM FT UNY 2023. (Wartafeno/Resti)
Agung (kiri) dan Azrul (kanan) dalam serah terima jabatan BEM FT UNY 2023. (Wartafeno/Resti)

“Harapannya, dari tiap-tiap departemen (istilah baru yang menggantikan frasa ‘jurusan’) dapat saling bersinergi untuk membangun KM FT UNY dan ormawa dapat berkembang lebih baik lagi. Mohon doa dan dukungannya ke depan,” kata Azrul dalam sekapur sirihnya setelah serah terima bendera BEM FT UNY.

Menghidupi Rumah Sendiri

Menurut Azrul, kondisi keorganisasian di fakultas teknik mulai menurun. Dari ribuan mahasiswa aktif FT, tidak sedikit yang mengikuti organisasi di luar lingkup fakultas. Baik itu ormawa tingkat universitas maupun organisasi eksternal kampus. Ia merasa heran dengan kondisi saat ini.

“Sedikit menyayangkan saja ketika kondisi kita sekarang (menurun), tapi malah banyak yang aktif di luar. Kenapa nggak menghidupi rumahnya (FT) sendiri dulu, begitu,” ungkap Azrul heran.

Namun, ia juga tidak ingin memaksa mahasiswa untuk bergabung di ormawa FT karena menurutnya, mereka memiliki alasan yang mendasari keputusan masing-masing.

Terlepas dari kondisi menurunnya minat bergabung di ormawa FT, dalam estafet kepengurusan tahun ini, Azrul ingin mengembalikan marwah FT yang terkenal ramai dan solid karena kondisi perkuliahan yang sudah mulai luring.

“PKKMB seharusnya bisa offline tahun ini, melihat kemarin saat Dies Natalis FT yang hadir sudah cukup ramai, bahkan menyentuh angka seribu hadirin. Semoga bisa,” ujar Azrul optimistis.

Tak hanya itu, tahun ini fokus utama Ketua BEM FT 2023 ini adalah pencerdasan mahasiswa mengenai sosial politik agar mahasiswa “melek” isu dengan diselingi diskusi-diskusi.

“Tapi (tujuannya) enggak harus FT jadi rajin aksi atau bikin kajian gitu. Ya setidaknya ketika ada isu hangat, dari BEM akan buat tulisan dan opini agar teman-teman mahasiswa melek isu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua BEM FT UNY 2022, Agung Setiawan, mengungkapkan bahwa kepengurusan 2022 sudah melakukan program kerja yang menurutnya dapat dibanggakan seperti Jawara Care dan Teknofest yang berhubungan dengan relasi eksternal. Ia juga mengatakan bahwa BEM telah menguatkan relasi eksternal tingkat nasional.

“BEM FT adalah satu promotor utama untuk kebangkitan forum ekskutif (Jateng—DIY) dan sedikit-sedikit kita mulai mencoba masuk ke tingkat nasional,” kata Agung.

Agung juga menjelaskan keberhasilan BEM FT UNY 2022 yang lainnya adalah pada kegiatan “Dialog Fakultas” yang mana sepanjang ia berkecimpung dalam dunia organisasi di kampus, untuk pertama kalinya seluruh wakil dekan turut hadir untuk mendengarkan aspirasi mahasiswa.

Resti D.

Reporter: Resti, Rofiq, Fais, Lindu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *