Ada banyak kebiasaan yang tidak kita sadari merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan. Kali ini saya ingin mengulas beberapa kebiasaan yang melekat bagi mahasiswa, untuk mengetahui apakah kebiasaan itu sehat.

1. Minum kopi tidak hanya segelas

Di kalangan mahasiswa kopi merupakan minuman andalan. Bahkan kopi menjadi minuman wajib yang harus ada setiap hari. Kopi seakan sahabat mahasiswa yang menemani ketika lembur ataupun begadang mengerjakan tugas. Dalam satu hari bahkan dapat menghabiskan beberapa gelas kopi.

Perlu diketahui, segelas kopi mengandung kafein yang cukup tinggi bahkan bisa menghilangkan sakit kepala. Memang bagi beberapa orang, minum kopi bisa memberikan rasa nyaman. Selain itu, kopi bisa menambah semangat dalam melakukan aktivitas dan konsentrasi. Namun kopi merupakan penyebab dari asam tubuh, segelas kopi bisa meningkatkan gas yang berlebih, merobek lapisan intima (lapisan dari arteri), dan membuat kita dehidrasi karena kopi bersifat diuretik.

Lalu bagaimana kalau mengonsumsinya setiap hari? Minum segelas kopi itu memang tidak dilarang tetapi perlu diingat, pastikan minum segelas air putih setelah itu. Minumlah kopi saat membutuhkan atau ditawari saja dan batasi jumlahnya per hari. Segelas kopi itu cukup dan jangan lupa kurangi gula maupun creamer karena keduanya menjadikan kopi itu buruk untuk tubuh.