(17/12) Alligator merupakan salah satu kelompok seni yang berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni(FBS) Universitas Negeri Yogyakarta yang menyelenggarakan Pameran Kolektif Seni pada tanggal 14 sampai 21 Desember 2018. Acara ini terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Pameran yang bertempat di Galeri Lama Seni Rupa FBS UNY ini mengusung tema “Balik Kandang”. Mala Kurnia Sari selaku panitia pelaksana menjabarkan perihal tema yang diangkatnya tersebut, menurutnya tema ini diangkat sebagai momen setelah 3 tahun lamanya kelompoknya hanya mengikuti event diluar kampus dan jarang menghidupkan galeri sendiri dengan acara-acara seni.

Baca Juga : Teknopost Edisi Khusus Pemilwa FT

Pameran ini sendiri bertujuan untuk menghidupkan kembali Galeri Lama yang biasanya hanya dipakai untuk pameran Tugas Akhir(TA), sekaligus juga memperkenalkan Alligator kepada adik-adik jurusan. Event ini juga terselenggara berkat semangat dan ide kreatif dari anggota-anggota Alligator sendiri dan menghabiskan dana 6 juta rupiah. Dana yang digunakan merupakan dana pribadi kelompok seni ini, “dana pribadi, patungan atau engga kita dapat job mural terus fee-nya kita kumpulin untukmengadakan acara ini”ujar Mala saat ditemui dilokasi pameran.

Acara yang berlangsung selama seminggu ini mendapatkan tanggapan yang baik dari para dosen, “dosen ya support, bagus ada acara kolektif seni seperti ini, jadi kalian bisa belajar sendiri, cari relasi, bisa berkembang seperti sendiri. Jadi rata-rata yang kuliah pulang dan hanya mengerjakan tugas, tidak banyak orang yang mengenal karyanya padahal mereka punya potensi yang bagus. Dari pameran ini kita dapat masukan atau kritikan yang nantinya kita jadikan sebagai motivasi untuk mengembangkan diri lagi dan lebih produktif lagi,” tambah Mala.

Baca Juga : Soal Papua Barat, Indonesia Copy-Paste Sempurna Belanda

Selain menikmati karya masterpiece terbaik dari para anggota Alligator, pengunjung juga bisa menikmati panggung hiburan yang diisi beberapa guest star atau bahkan berkenalan dengan tamu spesial mereka Ismu Ismoyo yang merupakan seorang penulis. Ditambah lagi Alligator juga mendatangkan Dwi Wulandari dan Goyang Ketombe yang menjadi narasumber dalam acara bincang kreatif.

Mala yang juga sebagai panitia pelaksana dalam acara tersebut berharap, semoga akan diadakan acara yang sama kedepanya sehingga ide-ide spontan menyangkut senibukan hanya wacana tapi diperlukan juga suatu eksekusi sehingga acara yang sama terus berlanjut.

Reporter : Iqbal