Sabtu tanggal 06/11/2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) mengadakan acara Wisuda Osiliasi di Kampus FT UNY gedung KPLT Lantai 3. Acara tersebut merupakan penutupan serangkaian kegiatan Osilasi yang telah diadakan selama 2 bulan untuk mahasiswa baru. Acara yang diadakan secara Online setiap hari sabtu selama 2 bulan tersebut merupakan acara pengenalan mengenai alat-alat ukur, software, serta materi lainnya yang berguna sebagai penunjang perkuliahan di JPTE untuk mahasiswa baru.

Wisuda osilasi dilaksanakan secara secara online dan juga offline terbatas sama Seperti acara formal lainnya, acara ini dibuka dengan berbagai sambutan dari ketua pelaksana yakni Ditha Ihda Lianyi, Ketua HIMA JPTE Yamsya Fathoni Nur Muhammad dan sambutan dari Kepala Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Dr. phil. Nurhening Yuniarti, M.T. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengumuman Ketua Angkatan JPTE tahun 2021 serta pengumuman Putra dan Putri osilasi tahun 2021 dan ditutup dengan penyerahan sertifikat dan persembah menyanyikan sebuah lagu oleh perwakilan dari para maba tiap prodi di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan juga oleh Panitia.

Yamsya Fathoni Nur Muhammad selaku ketua HIMA JPTE mengatakan tujuan yang melatarbelakangi kegiatan Osilasi adalah agar mahasiswa baru yang belum mendapatkan feel ataupun materi-materi dasar mengenai jurusan elektro dapat mengenal dasar-dasar awal, supaya mahasiswa baru dapat lebih kenal mengenai ada apa dan apa saja yang berkaitan perkuliahan di JPTE. ”Kami mengenalkan materi-materi dasar seperti: alat ukur, sofware untuk menunjang perkuliahan teman-teman nanti” ujarnya.

Dia juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru agar dapat bersungguh-sungguh dalam mengenyam pendidikan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. “Kita punya 4 prodi, kita punya banyak fasilitas yang menunjang perkuliahan itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kita punya dosen yang mumpuni bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya pula” pungkasnya.

Ditha Ihda Lianyi selaku ketua pelaksana kegiatan berharap pada mahasiswa baru dengan kegiatan yang diihadiri anggota osiliasi dan ketua angkatan dapat menjadikan mahasiswa lebih solid lagi baik di perkuliahan maupun diluar. Untuk kesolidan tersebut ketua angkatan yang perlu merangkul dan bertanggungjawab.

Dalam kesempatannya Ditha juga menyampaikan kesan atas berlangsungnya Osiliasi. “kesan dan pesanya itu lebih aktif sama lebih sopan sama siapapun dan lebih ditingkatkan solidaritasnya, karna kita teknik lebih butuh solidaritas” tuturnya.

Selain itu, Ilham Aqsa selaku ketua angkatan osilasi JPTE 2021, Dias dan Ghea selaku anggota osilasi 2021, ketiganya sepakat mengatakan acara osilasi ini sangat membantu mereka untuk mengenali terkait keelektroan baik itu alat ukurnya maupun softwarenya. Karena mereka berlatarbelakang lulusan SMA, mereka sangat merasakan manfaat dari kegiatan ini. Terlebih pengetahuan akan fungsi alat dan software menjadi modal awal yang membantu mereka saat pembelajaran praktik.

Mereka berpesan semoga kedepanya acara osilasi ini bisa lebih baik lagi khususnya dalam hal koordinasi antara maba dan panitia atau pemandu dikarnakan sering terjadinya miss comunication sehingga banyak informasi yang membuat keliru dan binggung.

Penulis: Muhammad Rofiq

Editor  : Ade Listanto