Hiruk Pikuk mahasiswa baru (maba) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sudah dapat dilihat disekitar lingkungan FT. Mahasiswa baru FT atau yang lebih dikenal dengan sebutan Teknika Muda (Tekmud) mulai melengkapi penugasan untuk Orientasi dan Pengenalan Kampus (Ospek) pada 23-27/8.

Salah satunya di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FT,  Tekmud berduyun-duyun menyambangi PKM untuk meminta cap organisasi mahasiswa (ormawa) dan tanda tangan. Sementara itu, ada yang bertanya mengenai kegiatan perkuliahan, kegiatan apa saja yang dilakukan di ormawa, tempat kos, selain itu hal-hal percetakan pun ditanya. Banyak pemikiran Tekmud mengenai tujuan meminta cap. Namun ada yang menilai meminta cap hanya sebatas penugasan, padahal ada yang menilai sebagai ajang mencari tahu informasi tentang Ormawa yang ada di FT UNY. Seperti yang disampaikan oleh R. Amirur Rojif tekmud program studi Teknik Elektronika.

“Ya fungsinya buat tanya-tanya, kan aku pengen robotika trus tadi aku tanya ke HIMANIKA soal lomba-lomba,” ujar Amirur Rojif.

Memang tujuan cap Ormawa untuk penugasan. Tetapi Tekmud juga harus tahu Organisasi yang ada di lingkungan FT. Seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FT, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Mesin, Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Informatika (HIMANIKA) , HIMA Elektro, HIMA Otomotif, Himpunan Mahasiswa Boga dan Busana (HIMAGANA) , Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan (HMTSP), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Fenomena, UKMF Matriks, Keluarga Muslim Al-Mustofa (KMM), KPALH Carabiner, UKMF Karnaval, dan UKMF Olahraga.

Sebenarnya informasi mengenai Ormawa tidak hanya dapat diperoleh melalui minta cap Ormawa. Karena informasi tersebut sudah tercantum dalam buku Ospek yang dimiliki setiap Tekmud FT. Namun paling tidak selama mereka kuliah di FT UNY pernah menginjakkan kaki di PKM FT. Kalau pun mereka join dalam Ormawa, itu merupakan pengalaman baru bagi Tekmud dalam berorganisasi baik di fakultas ataupun universitas.