Oleh Widi Pradana

sambisari

        Candi sambisari merupakan salah satu peninggalan sejarah agama Hindu, yang terletak di desa Sambisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi Sambisari tentu dapat menjadi destinasi berlibur dengan biaya murah. Walaupun tidak se-terkenal candi Prambanan dan Borobudhur, keindahan yang ditawarkan candi Sambisari tidak kalah dengan dua candi tersebut.

        Candi Sambisari berada di tengah lingkungan pedesaan, berbatasan langsung dengan sawah yang terhampar di sekitar candi membuat tempat wisata ini memiliki nilai estetika tersendiri. Keindahannya semakin didukung dengan adanya perawatan yang baik. Rumput-rumput yang hijau, bersih dan rapi mengelilingi candi.

        Kompleks wisata terdiri dari satu candi utama dengan tiga candi pendamping. Pada bagian luar dinding bangunan utama terdapat relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini di sebelah utara, patung Ganesha di sebelah timur, patung Agastya di sebelah selatan, dan di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu, Mahakala dan Nandiswara. Pada candi utama terdapat lingga dan yoni dengan ukuran cukup besar. Tempat ini biasanya menjadi tempat favorit pengunjung sebagai ajang selfie.

        Bangunan candi terletak di area cekungan, sehingga pengunjung dapat melihat seluruh bagian candi dari atas. Segarnya udara pedesaan sangat terasa, jadi tidak salah bila tempat ini dijadikan destinasi wisata untuk me-refresh pikiran serta melepaskan diri dari hiruk pikuk kota sejenak.

        Walaupun terletak di pedesaan, namun akses ke lokasi wisata bisa dibilang baik. Meski jalan tidak terlalu luas, namun sudah teraspal dengan baik. Tidak akan ada ruginya memang jika ingin berkunjung ke tempat ini. Selain dapat merasakan keindahannya kita juga akan lebih menyadari tentang pentingnya sejarah. Karena sejarah ada untuk kita hidup di saat ini dan di masa yang akan datang.