Suaasana di Ruang Sidang Umum

        Jum’at (24/4), bertempat di Ruang Sidang Umum Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamahasiswaan Fakultas Teknik mengadakan Workshop Sumber Daya Otak dan Sumbar Daya Hati dengan pembicara Ir. Yohanes Haryanto Ong. Acara yang dimoderatori Bapak Muslikin ini dikuti oleh kurang lebih 150 mahasiswa teknik. Kegiatan ini merupakan agenda insidental sebagai salah satu program kerja bagian kemahasiswaan bidang kreativitas. Antusias mahasiswa sangat tinggi, terbukti dari banyaknya pertanyaan berkaitan dengan materi yang dilontarkan. Salah satu rangkaian yang menarik dari kegiatan ini adalah demo bermain catur buta ( tanpa melihat papan catur ) oleh Mr.ong dan ketua dari UKM Catur UNY. Permainan ini membuktikan bahwa sumber daya otak dapat dilatih.

        Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuka mindset mahasiswa agar dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, sebagai upaya melaksanakan perubahan. Sebagai “agent of change“ mahasiswa diharapkan dapat memiliki kesadaran dan motivasi untuk mengelola sumber daya otak sehingga dapat terciptanya sumber daya manusia yang tidak sekadar menjadi kuli bagi negara lain dan menjadi garuda lumpuh yang diperebutkan oleh harimau dunia.

“ Sadarkah kita bahwa sekarang

kita bukan pemimpin perubahan melainkan pasar perubahan.

Bukan pemimpin perubahan melainkan pasar perubahan.

Bukan unggul otaknya tetapi unggul ototnya.

Bukan menjadikan majikan tetapi kuli bangsa lain,”ujar Mr. Ong

        Rencana kedepannya pihak Kemahasiswaan Fakultas Teknik akan melakukan implementasi nyata yakni kelanjutan dari kegiatan Workshop ini. [Fitri & Ulpa]