Oleh Novia Risna Dewi

             Judul Buku    : Gelombang
Penulis            : Dee Lestari
Penerbit          : Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2014
Tebal               : 492 halaman
ISBN                : 978–602–291–057–2

        Gelombang merupakan buku kelima dari novel serial Supernova karya Dee Lestari. Serial Supernova diawali oleh Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh (2001) , kemudian disusul episode selanjutnya yaitu Akar (2002), Petir (2004), dan Partikel (2012). Hampir setiap episode dari serial ini selalu menjadi Best Seller nasional. Selain Supernova, Dee juga telah menciptakan buku-buku fenomenal lainnya seperti Filosofi Kopi (2006), Rectoverso (2008), dan Perahu Kertas (2009) yang telah difilmkan.

        Kali ini Dee mengawali kisahnya dengan tokoh Gio yang menemui jalan buntu dalam pencarian Diva di kedalaman hutan belantara terpencil di jantung Amazon. Bersama Paulo, akhirnya Gio memutuskan untuk menyudahi pencarian. Pada saat yang tak terduga, seorang pria yang pernah menemuinya di Vallegrande muncul kembali. Pria itu datang membawa empat buah batu bersimbol. Empat batu tersebut adalah petunjuk bagi Gio untuk memulai pencarian baru.

        Sementara itu, Thomas Alfa Edison alias Alfa Sagala alias Ichon mengalami mimpi buruk yang sangat mengerikan, mimpi yang begitu nyata. Setiap tidurnya menjadi pertaruhan nyawa. Mimpi itu mulai hadir setelah makhluk misterius yang disebut Si Jaga Portibi Resensi  muncul saat upacara gondang berlangsung. Dua orang sakti mengingi nkan Alfa menjadi murid mereka. Salah satu dari mereka memberi dua buah batu bersimbol kepada Alfa, namun yang lainnya justru berniat menenggelamkan Alfa di Danau Toba. Apakah dua batu bersimbol milik Alfa sejenis dengan empat batu yang kini berada di tangan Gio? Apa hubungan antara Gio dan Alfa?

        Dalam perjalanannya, Alfa merantau ke Jakarta, kemudian terbang ke Amerika dan hidup di Hoboken sebagai imigran gelap. Setelah menyel esai kan st udi nya di Universitas Cornell , Alfa berhasil melunasi hutang-hutang orangtuanya kepada para kolega dengan bekerja diWall Street. Hingga suatu hari Si Jaga Portibi kembali muncul di hadapannya. Sesuatu yang anehpun kembali terjadi. Mimpi buruknya kembali muncul. Hal ini semakin membuatnya penasaran akan misteri di balik mimpinya itu. Dia bertemu Nicky dan Dr. Colin, orang-orang yang mungkin bisa membantunya menemukan rahasia itu. Petualangan Alfa bersama Nicky berujung di Lembah Yarlung, Tibet. Bersama seorang bernama Dr. Kalden yang mengaku sebagai Infiltran, mereka terus mencari apa yang harus Alfa temukan di dalam mimpinya dan di alam sadarnya.

        Buku ini sangat cocok bagi pembaca yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan. Gelombang sungguh menginspirasi setiap pembacanya. Penulis ingin menyampaikan bahwa terdapat keistimewaan dalam setiap diri manusia, terdapat rahasia dan misteri dalam setiap mimpi. Kehidupan ini begitu ajaib dengan adanya rahasia dan misteri, serta dalam serial ini mengingatkan kita mengenai berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk tidur. Kita bisa memilih untuk melakukan hal yang berguna dengan mengurangi waktu yang kita gunakan untuk tidur.  Novel ini juga mengajarkan bagaimana mengambil peluang dalam resiko. Namun disisi lain, tokoh yang Dee ciptakan sangat jarang terjadi di kehidupan nyata. Seperti Si Jaga Portibi, para Peretas, Infiltran, dan Sarvara, serta batu-batu bersimbol. Hidup itu memang penuh pilihan.