Menjelang H-1, Komisi Pemilihan Umum (KPU) FT UNY terlihat sedang sibuk melakukan persiapan pemilihan yang rencana akan diselenggarakan pada hari Rabu (16/12). Terlihat beberapa panitia KPU tengah melipat kertas suara di Ruang Sidang lantai 3 PKM FT. Rencana pemilihan ini akan dilaksanakan di 5 TPS se-fakultas teknik yang tersebar di beberapa titik seperti PTBB, PTSP, PT Elko dan PT Elka, PT. Oto dan PT Mesin, dan tambahan yang disediakan di depan LPTK.  Nantinya mahasiswa akan memilih pasangan Calon ketua dan wakil ketua BEM baik tingkat fakultas dan universitas, partai untuk calon anggota DPM fakultas dan universitas, dan juga ketua himpunan mahasiswa (Hima), sebenarnya ada pemilihan calon anggota DPF namun karena tidak dipilih karena hanya 2 orang yang mendaftar.

Menurut catatan dari KPU, Daftar Pemilih Tetap (DPT) dihitung dari mahasiswa angkatan 2008 hingga 2015. Tahun ini KPU mencetak surat suara sejumlah 2537 untuk semua calon ketua himpunan mahasiswa, 2500 untuk anggota DPM fakultas dan BEM fakultas sejumlah 2500 surat suara.

Selain itu, hari ini terlihat banner peserta pemilwa terpasang di depan PKM dan gerbang masuk jurusan belakang KPLT. Saat dikonfirmasi mengenai keterlambatan pemasangan sie Acara KPU  Romi Yulianto menjelaskan adanya komplain terhadap salah satu pasangan karena fotonya agak kurang bagus. “Akhirnya banner kita ulang, dan pemasangan kita lakukan pada masa tenang kampanye, supaya tidak menganggu jalannya kampanye,” imbuh Romi.

Ketua KPU, Yuwono berharap penyelenggaraan pemilihan dapat berjalan dengan lancar. Hal senada juga disampaikan oleh sie humas, Hasaka yang berharap jumlah pemilih pada tahun ini meningkat dari tahun kemarin. [Fitri, Imania]