Sabtu (15/9), Kantor Pusat Layanan Terpadu (KPLT) lantai 3 FT UNY telah ramai sorak-sorai mahasiswa baru angkatan 2013. Acara Stadium General School Development Program (SG SDP) berhasil terselenggara dengan peserta ± 900 mahasiswa. Acara yang dimulai dari pukul 08.30 WIB ini dibuka oleh Wakil Dekan III FT UNY, Dr. Budi Tri Siswanto, dilanjutkan dengan pemutaran video SDP tahun lalu yang menyita perhatian para peserta. Setelah menyaksikan pemutaran video, Ade Fajar Mauludin selaku kepala departemen PSDM BEM FT mengenalkan apa itu sebenarnya kegiatan SDP. “SDP adalah salah satu program kerja dari BEM FT UNY yang bergerak dalam bidang minat dan bakat untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam empat sub bidang, leadership, jurnalistik, penelitian, dan technopreneurship.’ ujarnya. SDP merupakan kegiatan lanjutan dari kapita selekta yang diadakan pada waktu ospek lalu. Kegiatan ini bersifat wajib untuk mahasiswa baru 2013 dan menjadi syarat pengambilan sertifikat ospek.

“Untuk mengembangkan bakat tidaklah gampang, maka dari itu dengan kegiatan SDP ini mereka akan dibekali berbagai macam materi sesuai bidang masing-masing, sehingga akhirnya mereka dapat membuat produk yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.” ujar Hogi Prima Handoko, selaku ketua panitia SDP.

 Memasuki materi I, dibersamai oleh Sigit Nur Syam ia berbagi cerita tentang motivasi dan potensi diri. Kemudian dilanjutkan hiburan yang tak kalah menarik. Penampilan jugling bartender UNY, membuat penonton tegang dan takjub. Disusul penampilan akustik oleh Devany dan kawan-kawan, yang menarik minat peserta untuk ikut  berkaraoke bersama.

Acara selanjutnya pukul 10.30 WIB, perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) yang terdiri Mahasiswa Teknik Riset dan Eksperimen (Matriks), Lembaga Pers Mahasiswa Teknik (LPMT) Fenomena, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Carabiner, Keluarga Muslim Al Mustofa (KMM), serta UKMF Olahraga. Peserta berkesempatan untuk bertanya kepada kakak-kakak pembimbing UKMF mengenai bidangnya masing-masing, diakhiri dengan kepemanduan.

Menurut Hogi, acara pada hari H memang luar biasa, dan di luar dugaan. Banyak sekali peserta yang ikut. Walaupun untuk menyiapkan acara ini hanya diberi waktu ± 2 minggu, dengan waktu yang singkat dan rapat pun hanya 3 kali. “Saya bangga dengan kerja keras panitia yang ikut menyiapkan acara ini, sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Selanjutnya saya berharap agar kegiatan ini dapat sampai di social movement.” harap Hogi.

SDP selain sebagai fasilitas mengembangkan minat dan bakat, juga membimbing mahasiswa dalam menekuni suatu bidang. Hal ini sebagai wadah pengembangan sumber daya mahasiswa serta menjadi alur kaderisasi organisasi mahasiswa (ormawa) FT UNY. SDP bisa menjadi alternatif kegiatan pengembangan bakat minat mahasiswa yang berorientasi pada kualitas. Tidak ada paksaan atau iming-iming yang secara tidak langsung menekan para mahasiswa baru untuk mengikutinya.

Oleh : Novia Intan