Sehari bersama himpunan mahasiswa elektronika dan informatika (himanika), atau yang lebih dikenal dengan shibernika merupakan salah satu rangkaian acara Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Infromatika FT UNY. Shibernika berbeda dari kegiatan makrab pada umumnya, “Shibernika itu bukan hanya sekedar makrab, tapi ada juga nilai-nilai yang ingin ditanamkan” ujar ketua bidang I himanika Imron. Shibernika yang dilaksanakan pada 7-8/09, berlokasi di Bumi Perkemahan Lembah Merapi, Sidorejo, Girikerto, Turi, Sleman.

Shibernika merupakan salah satu program kerja besar himanika yang bertujuan sebagai sarana mengakrabkan keluarga besar himanika. Mulai dari mahasiswa baru hingga para alumni himanika. Di samping itu shibernika juga bertujuan untuk mengenalkan struktur kepengurusan himanika, serta nilai-nilai yang diangkat oleh himanika. Harapannya setelah terlaksananya kegiatan shibernika, mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika dapat mengenal lebih dekat himanika, memahami nilai-nilai yang diangkat, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelaksanaannya shibernika selain diikuti oleh peserta dan panitia, banyak juga alumni himanika yang ikut berkontribusi dalam memeriahkan serta menyukseskan jalannya acara. Mulai dari angkatan tahun 2004 sampai tahun 2011. Ada juga pihak birokrasi yang menyempatkan diri untuk sekedar berkunjung ke lokasi shibernika. Masih banyak pula tamu undangan ormawa FT yang juga menyempatkan hadir pada malam pelaksanaan shibernika.

 Acara berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan meriah. Seluruh mahasiswa baru mengikuti rangkaian acara dengan antusias, meski terkadang ada yang merasa bosan dan kelelahan. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta utnuk tetap bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara shibernika “semoga shibernika dapat lebih meriah dan lebih seru dari sekarang” ujar salah seorang mahasiswa.

 

Oleh : Fikry Abdullah Aziz