Senin (09/09), semua mahasiswa dan dosen jurusan Pendidikan Teknik Elektro melaksanakan perkuliahan umum di gedung Kantor Pusat Layanan Terpadu (KPLT) lantai 3 FT UNY. Ahmad Ulin Nuha, alumni program studi Pendidikan Teknik Elektro FT UNY yang saat ini bekerja sebagai instruktur sekaligus trainer di PT PAMA PERSADA NUSANTARA menjadi pembicara dalam kuliah umum ini.

Instruktur ahli kesehatan dan keselamatan kerja listrik bersertifikasi ini memberikan materi dengan tema “Kompetensi Pendidik di Dunia Industri”. Dalam memberikan materi Ulin mengatakan bahwa” lulusan kependidikan itu tidak harus menjadi guru di sekolahan, namun bisa menjadi pendidik atau trainer di dunia industri.” ujarnya.  Ia membuka pikiran mahasiswa, khususnya yang kependidikan, sering kali mereka tidak terpikirkan bahwa sarjana kependidikan mampu menjadi trainer atau instrukstur di dunia industri.

“Dalam materi kemarin ada kisah nelayan tradisional, dan dari nelayan tersebut ada banyak pelajaran hidup bisa diambil dan bisa diterapkan dalam perkuliahan, seperti jeli melihat kondisi, tidak terburu-buru, menggunakan metode yang tepat, fokus terhadap target, mampu bertahan dalam tekanan dan mencintai serta menjiwai profesi yang diperoleh,” ujar Pandhega Wahyu serta Bimo Anggoro mahasiswa baru jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Hal senada juga diungkapkan Fadli mahasiswa baru jurusan Pendidikan Teknik Elektro “Acara kemarin menyenangkan mas, banyak wawasan serta motivasi yang saya peroleh mengenai dunia industri”.

Dunia industri memang lebih condong untuk mahasiswa yang mengambil diploma karena memiliki porsi lebih banyak dalam praktik lapangan, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa sarjana juga bisa bekerja dalam dunia industri. “Perkuliahan umum mengenai dunia industri kemarin memberikan saya wawasan dan pengetahuan mengenai dunia industri itu yang kebetulan fokus saya adalah didunia industri.” ungkap Pramudya Anatur mahasiswa D3-Teknik Elektro.

 Pramudya Anatur juga berharap untuk kedepannya tidak hanya memberikan materi mengenai hal-hal yang dikerjakan perusahaan tersebut, melainkan lebih ke tips dan trik untuk masuk ke sebuah perusahaan, persiapan dan bagaimana cara wawancara yang baik. Karena itu merupakan hal-hal kecil yang perlu dipersiapkan mulai dari sekarang.

 

Oleh : Nanang Yuniantoro