Berbeda dengan kepengurusan BEM FT UNY periode lalu, sistem kepengurusan BEM FT tahun ini dibuat lebih efektif. Satu departemen yang terdiri dari kepala departemen dan staf, masing-masing akan mengampu satu program kerja dan diberi job desk selama satu tahun.

Misalnya, tahun ini departemen PSDM dipecah menjadi, biro kaderisasi dan biro pengembangan yang mendapat program kerja ospek yang kemudian diserahi kepada setiap anggota. Lalu ada divisi tambahan yaitu personalia yang akan mengurusi mahasiswa-mahasiswa yang terlibat dalam kepengurusan. BEM menargetkan akan menambah anggota menjadi 70 orang. Rencananya, anggota yang terbilang banyak tersebut akan ditampung dalam tujuh departemen. Pelayanan publik, pengembangan sumber daya mahasiswa, sosial masyarakat, jaringan komunikasi, manajemen kesekretariatan, media dan informasi, serta kajian riset politik.

Kepengurusan BEM yang telah terbentuk meliputi pengurus harian, kepala departemen, sekretaris dan bendahara, maka dari itu BEM mengadakan open recruitment terhitung dari 2-16/1 untuk menjaring staf. Calon anggota dapat mendaftar secara online ataupun offline dengan cara mengambil formulir di sekretariat BEM FT. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah mahasiswa aktif FT UNY angkatan 2011 atau 2012, pernah mengikuti kepanitiaan di UNY, mampu bekerja dalam tim, dan berkomitmen tinggi.

Di akhir perbincangan, Bani Asrofudin sebagai ketua BEM FT 2014 berharap bahwa BEM setahun ke depan menjadi sejatinya ormawa. ”Saya ingin membuat BEM yang benar-benar organisasi mahasiswa, tidak hanya event organizer tetapi juga memberikan tujuan dibalik setiap kegiatannya. Bisa dikatakan ingin mendapat timbal baliknya,” ujarnya.

Oleh Fiducia & Lovelita I Liunsanda