Pergantian kepengurusan setiap organisasi mahasiswa (ormawa) menjadi agenda tahunan. Tak terkecuali Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) yang juga turut mengadakan open recruitment pengurus, biasa disingkat ORP HME yang merupakan rangkaian acara penjaring calon pengurus baru HME. “ORP HME ini sebagai pintu masuk dan penyalur minat mahasiswa JPTE (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro-red) yang ingin bergabung dalam kepengurusan HME,” ujar Rahmat Pudyasto selaku ketua panitia.

Serangkaian kegiatan ORP HME diadakan sejak 17/11/2013 sampai 15/1/2014. Agenda terdiri dari beberapa acara, diantaranya temu perdana, penugasan, presentasi penugasan, wawancara dan post to post, dimana kegiatan dilangsungkan di sekitar lingkungan kampus UNY. Misalnya post to post, kegiatan semacam outbond yang dilangsungkan di komplek UNY yang melewati gedung FT, FIS, FE, FMIPA FIK, FBS dan sekitar rektorat UNY. “Pelaksanaan ORP ini berjalan lancar, hanya saja kurang koordinasi antar panitia karena agenda ORP bersamaan dengan proker-proker lainnya,” tambah Rahmat Pudyasto.

Standar kelulusan ORP dihitung dari akumulasi kehadiran selama rangkaian acara, penugasan, serta rekomendasi pemandu yang disetujui pemandu yang lain. Perlu diketahui bahwa hasil ORP hanya berfungsi sebagai rekomendasi peserta untuk masuk ke daftar pengurus HME FT. “Memang kegiatan ini terkesan ribet tetapi tidak terlalu ribet. Karena saya sudah berkomitmen untuk masuk menjadi pengurus HME, tugas yang sesulit pun harus saya jalani,” papar Agus Hendri ORP. Agus Hendri juga merasa senang karena melalui ORP HME ia mendapat banyak manfaat diantaranya menambah relasi, pengalaman dan ilmu dasar berorganisasi yang tidak diajarkan di bangku kuliah.

 Oleh Kiki Aprilia, Yazid Afifudin A