12 tahun sudah sejak 2003 LPMT Fenomena UNY berdiri, dan tepat pada Sabtu (9/5) Fenomena merayakan hari jadinya. Perayaan HUT diselenggarakan di halaman gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Teknik UNY, dengan acara diskusi, bertema “Membaca Masa Depan Buku”. Pembicara yang dihadirkan adalah Agus Haryanto dari IKAPI Yogyakarta dan Asef Syaiful Anwar yang merupakan penulis buku dan dosen UGM. Peserta yang hadir adalah delegasi ormawa UNY, perwakilan LPM se-Jogja, serta mahasiswa UNY.

        Permasalahan utama yang dibahas dalam diskusi yakni terkait eksistensi buku yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan akibat zaman yang semakin terdigitalisasi. Menurut Asef Syaiful Anwar, walaupun zaman sudah memasuki era digital, akan tetapi beliau yakin kalau buku konvensional akan tetap eksis setidaknya hingga satu periode ke depan. Justru dengan digitalisasi buku menjadi ebook harapannya bisa saling melengkapi di antara keduanya.

        Memang kemajuan teknologi informasi dapat mengancam eksistensi buku, akan tetapi yang menjadi musuh keberadaan buku, melainkan rendahnya minat baca masyarakat. Untuk mengatasinya, Agus Haryanto mengungkapkan masyarakat harus dipaksa membaca sejak dini agar terbiasa untuk membaca.

        Di akhir acara, disimpulkan bahwa keberadaan buku elektronik dan buku konvensional tidak ada yang lebih inferior maupun superior, tidak ada yang saling menggantikan di antara keduanya, akan tetapi saling melengkapi. Apabila buku menjadi jendela dunia maka ebook merupakan pintu dunia. [Widi]