Judul buku Hadiah Kecil dari Tuhan
Penulis Adi Rustandi,S.Pd
Penerbit Zettu
Tahun terbit Juli 2013
Tebal buku 320 hal

        Hadiah kecil dari tuhan merupakan satu dari sekian banyak karya yang dikarang oleh Adi Rustandi. sebagai seorang novelis dia juga seorang puitis. Berkat kegigihan dan semangat dakwahnya, 5 April 2012, ia melahirkan novel pertamanya yang berjudul Istana Jiwa. Dan kini  Garis Tangan Tiara, Menapaki Jejakmu, dan Tunjuk Satu Bintang.

        Novel Hadiah Kecil dari Tuhan merupakan novel yang terlahir dari sumber inspirasi  dari novel Surat Kecil untuk Tuhan. Banyak hal yang disampaikan dalam novel ini, yakni hikmah kehidupan, arti persahabatan, arti cinta, arti cita-cita, dan rasa syukur. Novel ini diawali oleh kisah tentang Masalah yang begitu berliku-liku dan harus diselesaikan. Namun, hanya mereka yang mendapatkan cahaya yang senantiasa mampu keluar dari masalah dengan indah.

        Hana adalah seorang wanita yang terlahir dari keluarga yang sederhana. Ia mempunyai ayah, ibu dan adik yang sangat baik. Ayahnya bernama Ramlan, ibunya bernama Tari, dan adiknya bernama Salma. Namun, kesederhanaan dan kedewasaan dalam menyikapi hidup. Hana mampu memberikan pencerahan dan semangat untuk dirinya, keluarga, dan untuk orang-orang disekelilingnya. Dengan semangat yang hebat dan kuat, meskipun hanya lulusan SMP, Hana tak pernah takut untuk bermimpi. Mimpinya sederhana, ia ingin menjadi seorang guru. Tapi, jalan untuk merealisasikan mimpinya tidaklah mudah. Ia harus mengorbankan dirinya dan merelakan kekasihnya untuk Salma, adiknya. Kesabaran, ketabahan, kerajinan, keuletan, dan kesungguhan dalam menjalani hidup, Allah Swt mengangkat derajat Hana dan keluarga. Di balik kesedihan, ada kegembiraan. Di balik kegagalan, akan menanti sebuah kesuksesan dan keberhasilan. Dan di balik keiklasan akan ada pengganti yang lebih indah. Dan itu yang dirasakan Hana.

        Kelebihannya, Novel ini memiliki bahasa yang mudah di pahami. Meskipun terdapat kata-kata yang membutuhkan waktu khusus untuk memahami nya. Suasana nya di gambarkan dengan rinci sehingga orang yang membaca ikut terbawa dalam suasana dan kadang membuat pembaca berimajinasi. Alur cerita pada novel ini enak untuk di ikuti dan membuat pembaca untuk membaca ceritanya sampai selesai. Banyak konflik tentang kehidupan yang dimunculkan, membuat pembaca menjadi terharu dan terbawa suasana alur cerita. Untuk Kekurangan dari novel ini adalah masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Dan Nilai yang terkandung pada novel ini adalah seorang gadis yang kuat dalam menjalani kehidupan yang terkadang penuh dengan masalah. Menjalani hidup dengan tenang dan damai, sehingga setiap ada masalah dapat di selesaikan. Di setiap cobaan yang diberikan, Allah swt selalu menyediakan hadiah kecil yang tak terduga untuknya.

        Novel ‘Hadiah Kecil dari Tuhan’ ini cocok untuk dibaca oleh seluruh anak. Karena mengajarkan tentang arti kehidupan dan lewat novel ini para anak akan lebih memiliki wawasan tentang ujian kehidupan yang tak pernah redup akan masalah. Tapi, masalah itu dapat diselesaikan dengan doa, usaha, kesabaran, ketabahan, keuletan, kesungguhan dan ikhtiar kepada Allah swt. Dan banyak hadiah-hadiah kecil yang diselipkan oleh Allah swt, untuk setiap hamba-Nya.

Penulis : Wahidatun Nurul Azizah