Grha Sabha Pramana (GSP) merupakan tempat yang sudah tidak asing bagi kalangan mahasiswa Jogja. Gedung pertemuan milik Universitas Gajah Mada (UGM) ini memiliki areal yang luas dengan pepohonan yang rindang, sehingga menjadi tempat favorit banyak mahasiswa untuk berolah raga atau hanya sekedar nongkrong untuk mencari angin segar. Letaknya yang strategis, karena berada di sekitar kampus-kampus besar di Jogja serta kemudahan akses juga menjadi salah satu faktor populernya areal GSP di kalangan mahasiswa untuk berolahraga.

        Hampir setiap hari, areal GSP selalu ramai pengunjung, terutama pada Minggu pagi. Pasalnya selain hari libur, pada Minggu pagi juga ada pasar tumpah yang dinamakan Sunday Morning (Sunmor) di sepanjang lembah UGM dan sekitarnya. Sunmor inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan pengunjung GSP, tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan diri mampir ke Sunmor untuk melepas lelah setelah berolahraga di sekitar GSP. “Kita ke GSP Minggu pagi, sekalian habis ini mampir ke Sunmor cari makanan, habis olahraga laper.” Ujar Arum salah satupengunjung GSP dari UII.

        Senada dengan Arum, Okta bersama kawan-kawannya juga mengungkapkan bahwa Sunmor menjadi pilihan yang sangat cocok untuk refreshing setelah lelah berolahraga di GSP. “Udah laper, jadi main nyunmor sekalian nyari makanan,” ujar Arum salah seorang pengunjung GSP. Olahraga yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung adalah jogging yang sangat praktis, sehingga mudah untuk dilakukan. Selain itu ada juga pengunjung yang bermain sepak bola, bulu tangkis, sepatu roda, bersepeda hingga bermain skate board.

        Sebenarnya pengunjung diperbolehkan untuk berolahraga apapun, asalkan membawa peralatan sendiri serta tidak mengganggu pengunjung lain. “Di sini bebas mau olahraga apa saja, kadang ada yang nongkrong doang,” ujar Nila salah satu mahasiswa UGM. Senada dengan Nila, Wida juga mengungkapkan tentang bebasnya berolahraga di GSP. “Jogging, kalau punya raket pengin badminton-an juga, di sini bebas olahraga apa saja,” ujar Wida salah satu mahasiswa UNY yang tengah berolahraga di GSP.

        Pengunjung yang datang ke GSP mayoritas adalah mahasiswa dari kampus UGM, UNY, UII, Sanata Dharma serta kampus lain yang berada tak jauh dari wilayah tersebut. Namun tidak sedikit juga masyarakat sekitar yang turut melepas penat di hari libur setelah bekerja selama satu minggu penuh. Di antara mereka ada yang berolahraga, refreshing atau sekedar menemani anak-anak mereka bermain. Mobilitas masyarakat Jogja memang sangat tinggi, oleh karena itu sangat perlu adanya tempat-tempat seperti GSP untuk memfasilitasi mereka refreshing, melepas kepenatan setelah menjalani kesibukan seminggu penuh. Diharapkan masyarakat turut menjaga tempat-tempat seperti ini, baik kebersihan, keindahan serta menjaga semua sarana prasarana yang ada. Dengan begitu, tempat-tempat tersebut akan tetap  nyaman digunakan, baik untuk berolahraga, refreshing atau sekedar nongkrong bersama teman-teman.

Penulis: Rany, Oky