Robot Al-‘Adiyaat UNY Raih Juara Tiga di Kontes Robot Sepak Bola Humanoid Indonesia 2023

Sumber Gambar: Dokumentasi Tim Al-‘Aadiyaat UNY

Robot Al-‘Aadiyaat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih juara 3 dalam Kontes Robot Sepak Bola Humanoid Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Semarang pada tanggal 22-25 Juni 2023.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kompetisi bidang rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (PPN) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

KRI terdiri dari tujuh kategori lomba yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Pada putaran pertandingan pertama, Al-‘Aadiyaat bertanding melawan Aroc-PL (Politeknik Negeri Malang) dengan skor imbang 0-0. Putaran kedua, Al-‘Aadiyaat berhasil mengalahkan Tim Midun (Politeknik Negeri Padang) dengar skor 3-0. Kemenangan ini berhasil membawa Tim Al-‘Aadiyaat menjadi Runner-Up group C dan masuk dalam babak perempat final.

Di perempat final, Al-‘Aadiyaat bertanding dengan tim Eros (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) dan berhasil unggul dengan skor 1-0 sehingga membawa Al-‘Aadiyaat ke babak semifinal untuk berhadapan dengan Tim Ichiro (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Namun, tim Al-‘Aadiyaat harus mengubur mimpi melaju ke babak final seusai takluk dengan skor 1-0  dengan wakil dari ITS Surabaya tersebut.

Kekalahan dari Tim Ichiro membawa Tim Al-‘Aadiyaat memperebutkan juara ketiga dengan Aroc-PL (Politeknik Negeri Malang). Al-‘Aadiyaat berhasil unggul melalui adu pinalti 2-0 dan memastikan diri sebagai juara ketiga kompetisi.

“Tim kami telah melakukan upaya penuh untuk mempersiapkan perlombaan KRI 2023 ini. Semangat dari para anggota sehingga tim menjuarai kompetisi KRI Wilayah I dan sekarang bisa meraih Juara 3 di KRI Nasional ini,” terang Muhamad Fikri, Ketua Tim Al-‘Aadiyaat.

Selain Muhamad Fikri (S1-Pendidikan Teknik Elektro) sebagai Ketua Tim, didampingi Retno Rahayu (S1-Pendidikan Teknik Elektro) dan Desfitra Nur Arifah (S1-Akuntansi) sebagai Manager Tim, ada tiga divisi yang juga turut serta dalam menyongsong kesuksesan Tim Al-‘Aadiyaat.

Divisi Program yang terdiri dari Nur Alif Ilyasa (S1-Teknologi Informasi) sebagai Koor Program, Naufal Nafi Nusantoro (D4-Teknik Elektronika), Rifky Andigta Al Fathir (S1-Pendidikan Teknik Elektro), Wisnu Putra Wardana (S1-Pendidikan Teknik Mekatronika), Afif Ilham Syafi Udin (D4-Teknik Elektronika), dan Kiflan Anugrah Syawal (S1-Pendidikan Teknologi Informatika).

Divisi Mekanik terdiri dari Taufiq Nugroho (S1-Pendidikan Teknik Mekatronika) sebagai Koor Mekanik dibersamai oleh Bagus Ari Wibowo (S1-Pendidikan Teknik Elektro), dan Habil Aulia Sukma (S1-Pendidikan Teknik Elektro).

Divisi Elektronika terdiri dari Muhamad Yoga Pangestu (S1-Pendidikan Teknik Elektro), Hudzaifi Adzkar Luthfi (S1-Pendidikan Teknik Elektro) sebagai Koor Elektronik, Tsalasanita Nuraeni (S1-Pendidikan Teknik Mekatronika), Amara Livia Andini Putri (S1-Pendidikan Teknik Elektro), Cikal Ardhiansyah Indra Purnomo (S1-Pendidikan Teknik Elektro), dan Hafidh Rasyiq Ramadhani (S1-Pendidikan Teknik Elektronika).

Ariadie Chandra Nugraha selaku dosen pembimbing mengaku bangga akan pencapaian tim pada tahun ini karena lebih unggul dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap untuk ajang kompetisi selanjutnya dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *