Mahasiswa baru (maba) alih jenjang tidak mengikuti prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNY, Senin (19/08). Amman, Koordinator Fakultas Teknik (Korfak FT) menjelaskan bahwa dirinya bersama panitia PKKMB FT UNY 2019 sudah mengumpulkan dan menyortir data mahasiswa baru alih jenjang.

Amman menganggap, mahasiswa baru alih jenjang tidak akan mengikuti prosesi PMB UNY. Ketika dikoordinasikan kalau mahasiswa baru alih jenjang harus mengikuti PMB UNY, Amman mengaku kesulitan. “Mungkin anggapan kita karena baru ini alih jenjang, jadi belum masuk (ikut proses PMB), baru tahun-tahun berikutnya. Ternyata tahun pertama ini sudah masuk, kita juga kesulitan.”

Baca Juga: Dari Parkir Hingga Musala Terbatas, Satria: MISKOORDINASI

Dirinya mengaku menyortir jumlah mahasiswa baru alih jenjang karena mereka tidak akan mengikuti proses Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kebijakan wajib mengikuti PMB bagi mahasiswa baru alih jenjang membuat mereka resah. 

“Jadi kita sortir ketika panitia dari universitas bilang kalau mahasiswa alih jenjang gak ikut (PKKMB). Tapi ternyata PMB mereka harus ikut. Mungkin itu yg membuat mereka resah ke birokrasi ya,” jelasnya. 

Panitia PKKMB FT UNY 2019 lepas tangan ketika Panitia PKKMB UNY 2019 menginformasikan bahwa mahasiswa alih jenjang tidak perlu mengikuti PMB UNY 2019.

Baca Juga: PMB 2019, Maba FIS Kecewa

“Ketika Panitia memberi tahu kalau mereka tidak perlu ikut, kita ya sudah, lepas tangan. Karena PMB di bawah Bidang 1 (Akademik), PKKMB di bawah Bidang 3 (Kemahasiswaan),” terang Amman. 

Mahasiswa baru di FT UNY berjumlah 1361 orang, termasuk mahasiswa baru alih jenjang. (akb)