Rabu (20/5) bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta telah diadakan pelatihan jurnalistik televisi bertajuk ”Jurnalista Bersama Aviani Malik” oleh Metro TV yang terlaksana dari pukul 13.00-17.00 WIB. 2000 peserta dengan antusias mengikuti acara ini, tidak hanya dari mahasiswa UNY ada mahasiswa luar seperti UIN dan ITB. Sementara itu, Mata Najwa On The Stage bertema “Dari Jogya: Berani Tampil Beda” baru akan diselenggarakan pada Kamis (21/5) mulai pukul 13.00 – 17.00 WIB di tempat yang sama.

        Pelatihan Jurnalistik ini bertujuan untuk mengedukasi dan menginspirasi mahasiswa menjadi seorang jurnalis. Pembicara yang hadir antara lain, Aviani Malik (Presenter Senior), Andi SG (Jurnalis Senior), dan Budiyanto (Cameramen Senior).

        Wakil Rektor IV UNY, Suwarsih Madya juga menyempatkan hadir, yang dalam sambutannya beliau berharap mahasiswa dapat memetik pelajaran dan menjadi mahasiwa yang kritis terhadap suatu informasi. Tidak ketinggalan penampilan dari Legato dengan salah satu lagu yang dibawakan berjudul “Yogja”.

        Dalam pelatihan jurnalistik ini, diadakan sesi tanya jawab dan praktik langsung menjadi seorang reporter, serta diskusi cuplikan film. “Kunci menjadi jurnalis adalah riset, riset, riset” ujar Aviani Malik. Sedangkan pembicara lain Budiyanto memaparkan pengalamannya saat disandera selama 7 hari di suatu daerah konflik. [Fitri]