Perpustakaan Media Fakultas Teknik (FT) UNY pada Kamis (21/05) menggelar kegiatan pelatihan akses e-book dan e-jurnal pada jam 13.15 WIB. Acara ini terselenggara atas dasar keperluan mahasiswa akan buku dan jurnal online sebagai referensi. Peserta yang hadir berjumlah 15 mahasiswa dari berbagai angkatan. Acara ini menghadirkan Kepala Bagian Teknologi Informasi (IT) Perpustakaan Media FT, Tarto.

        Selama satu setengah jam peserta dikenalkan beberapa fitur mesin pencari atau search engine serta website penyedia jurnal, e-book, dan paper. Kemudian, cara akses hingga proses mengunduh jurnal atau e-book dari sumber aslinya, contohnya seperti Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas) yang berlangganan beragam jurnal.

        Vando Gusti Alhakim selaku peserta mengungkapkan cukup antusias mengikuti acara ini, namun masih kurang dalam publikasi dan sosialisasi.  Dimana, acara ini lebih cocok bagi mahasiswa angkatan atas yang sedang mencari referensi tugas akhir. “Bagus kok acaranya, hanya kurang publikasinya. Mungkin lebih cocok untuk yang angkatan atas yang sedang mencari referensi,” ujarnya.

Penulis : Aprillia Dwi Nugroho
Editor : Farchan Riyadi