Bulaksumur adakan peluncuran bulakomik pada Jumat (29/5) malam di BNI UGM Foodpark. Bulakomik merupakan salah satu media produk SKM Bulaksumur yang menginvestigasi sebuah permasalahan. Acara yang bertemakan “Kriminalitas di Lingkungan Mahasiswa” ini dibersamai oleh pembicara dari Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Bulaksumur, Sleman dan Drs. Soeprapto, SU yang merupakan pakar sosiologi UGM. Selain itu, beberapa lembaga pers mahasiswa di jogja dan ormawa UGM turut juga meramaikan acara.

        Kriminalitas menjadi hal penting yang harus diwaspadai oleh semua masyarakat tak terkecuali elemen kampus karena tak jarang terjadi di lingkungan mahasiswa. Alasannya, mahasiswa kerap memberikan kesempatan untuk terjadinya hal ini. “Mahasiswa sering kali menciptakan peluang kriminalitas seperti tidak mengunci motor ganda, meninggalkan helm pada spion, dan masih banyak lagi,” ujar Reserse Kriminalitas Satuan Kepolisian Sektor Bulaksumur.

        Bentuk kejahatan yang sering terjadi di lingkungan kampus dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Menurut data investigasi dari SKM Bulaksumur terbagi menjadi penganiayaan, perampokan, pencurian, perampokan, dan lain-lain. Namun, diherankan justru pelaku tindak kejahatan juga berasal dari mahasiswa juga. “10% pelaku kejahatan yang berada di bulaksumur adalah mahasiswa,” ungkap Reserse Kriminalitas Satuan Kepolisian Sektor Bulaksumur.

        Sementara itu, bulakomik diakui oleh pembaca merupakan penyajian berita investigasi yang menarik, karena gambarnya yang komunikatif dan berimbang dengan kalimatnya. Selain itu, ringan untuk dibaca dan bermanfaat untuk mahasiswa. “Komunikatif banget berita yang disajikan dan asyik untuk dibaca,” ujar Hidayatul Lailah.

Penulis : Edwin Widianto
Editor  : Nanang Yuniantoro