Tri Sekiningsih, anggota Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (KPALH) Carabiner Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menjuarai lomba Single Rope Technique (SRT) yang diselenggarakan oleh Makupela Politeknik ATK Yogyakarta (26-27/3) yang lalu. Ada dua kategori perlombaan yakni SRT untuk wanita dan pria. Jumlah peserta yang mengikuti ada 11 wanita dan 24 pria.

Setelah dua hari dikarantina dan melalui beberapa babak yang panjang. Akhirnya mahasiswa Pendidikan Teknik Boga ini, dapat mengalahkan 11 lawannya. Perlu diketahui, SRT merupakan teknik untuk melintasi lintasan vertikal yang berupa satu lintasan tali. Ada beberapa penilaian dalam kejuaraan seperti speed, teknik pengaman, dan jalur track. Rute saat babak penyisihan dapat dilalui Tri dengan mudah karena peserta diperkenankan melihat track yang ada. Namun saat babak final, tantangan semakin bertambah. Peserta tidak diperbolehkan melihat track sebelum perlombaan dimulai. Tak hanya itu, alat bantu berupa tali dan pengunci harus dirangkai sendiri oleh peserta lomba. Tri mengaku agak kesusahan karena harus menyesuaikan medan yang ada.

Berbekal latihan 2 minggu di depan Gedung PKM FT dan sehari sebelum perlombaan di Babarsari. Tri berhasil menyelesaikan track final dengan waktu 16 menit. Ia mengaku tidak menargetkan menang “ngga narget buat juara si mbak yang penting lakuin terbaik aja,” ujarnya sambil tersenyum.  Tri berharap dapat meningkatkan prestasinya dikejuaraan sejenis yang akan diselenggarakan Juni di Semarang nanti. [Fitri, Oky]